Jakarta

Teh tidak hanya bisa dinikmati sebagai minuman. Di beberapa negara, teh dikonsumsi dengan upacara dan harganya terlalu tinggi!

Teh yang harum, hangat dan menyegarkan paling cocok diminum untuk menenangkan diri. Faktanya, banyak negara dan budaya di dunia yang menganggap teh sebagai harta berharga.

Di Jepang, Tiongkok, dan beberapa negara lainnya, meminum teh juga dilakukan dengan upacara khusus. Teh yang disajikan dan diproduksi tidak sembarangan atau seperti teh celup yang dikemas.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ada beberapa teh dengan kualitas tinggi sehingga terkenal sebagai minuman keluarga kerajaan. Harga satu kilogram teh sangat mahal!

Baca juga: Jadi Pelanggan Terbesar, Seorang Pria Bayar Rp 260 Ribu untuk Makanan di Toko Ini

Berikut 5 teh termahal di dunia menurut Prestige Online:

5 Teh Termahal di Dunia yang Pernah Tercatat dalam SejarahTeh ini pernah menjadi hadiah kepada mantan presiden Amerika Serikat. Foto: Prestise Online

1. Teh Da-Hong Pao, Cina

Wuyi, kawasan di pegunungan Fujian, provinsi China, dikenal sebagai salah satu penghasil teh terbaik. Teh yang diproduksi di sana bahkan dinyatakan sebagai harta nasional.

Teh yang diberi nama Da-Hong Pao Tea ini juga merupakan hadiah yang diberikan kepada mantan presiden Amerika Serikat. Teh seberat 200 gram merupakan simbol perdamaian dan persahabatan kedua negara.

Harga satu kilogram teh harganya mencapai 12 juta dollar AS atau setara Rp 18 miliar. Bahkan pohon tehnya sendiri sudah dilelang hingga Rp 466 juta.

2. Teh Kotoran Panda, Cina

Nama teh 'Panda Dung' diambil dari proses pembuatannya yang melibatkan panda. Pohon teh ini diberi pupuk yang berasal dari kotoran panda.

Teh ini pertama kali dibudidayakan oleh seorang pengusaha asal Tiongkok barat daya, An Yashi. Ia mencoba memanfaatkan kotoran panda dengan harapan dapat menyuburkan tanaman yang ia tanam.

Akhirnya teh hasil produksinya berhasil terjual dengan harga Rp 54 juta per 50 gram. Padahal, rata-rata harga teh yang masih dijual hingga saat ini adalah Rp 1 miliar per kilogram.

Teh termahal di dunia lainnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *