Jakarta

Nasi merupakan makanan pokok di beberapa negara termasuk India. Beras basmati India terpilih sebagai jenis beras terbaik di dunia.

Ada banyak jenis beras di dunia. Di Indonesia terdapat jenis padi pendek dan padi panjang dengan varietas lokal yang sangat beragam.

Tidak hanya di india beras dijadikan sebagai makanan pokok, namun juga di India. Beras yang mereka gunakan adalah basmati, nasi berbiji panjang yang sedikit pedas dan harum.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Laporan dari NDTV (13/1), nasi basmati juga populer di dunia. Bahkan berhasil menyabet gelar beras terbaik dunia menurut TasteAtlas.

Dalam unggahannya, TasteAtlas menjelaskan informasi mengenai nasi basmati. Ternyata beras ini berasal dari India dan juga banyak ditanam di Pakistan.

jenis beras terbaik di duniajenis beras terbaik di dunia Foto: Getty Images/iStockphoto

Keistimewaan nasi basmati adalah bentuknya yang unik, karena berbentuk lonjong dan pipih. Dibandingkan dengan jenis beras lainnya, basmati memiliki tekstur yang agak keras dan rasa yang sedikit pedas.

Biasanya nasi basmati banyak digunakan pada nasi kebuli dan nasi biryani. Saat dimasak, nasi ini tidak menggumpal, cenderung terpisah.

“Semakin panjang bulirnya, semakin baik kualitas berasnya. Butir basmati terbaik memiliki warna agak keemasan,” jelas TasteAtlas.

Beras basmati juga dikenal memiliki harga jual yang mahal. Alasannya karena padi jenis ini hanya tumbuh di 2 negara yaitu India dan Pakistan.

jenis beras terbaik di duniajenis beras terbaik di dunia Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurut beberapa sumber, nasi basmati juga dikatakan menyehatkan. Mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan sumber energi dan dapat menjaga kadar gula darah.

Jenis beras lainnya yang masuk dalam daftar terbaik dunia adalah Arborio dari Italia dan Carolino dari Portugal. Keduanya finis kedua dan ketiga.

Sedangkan dari Spanyol di posisi ke-4. Beras Jepang menduduki peringkat ke-5 terbaik di dunia menurut TasteAatlas.

Menonton video “Mengenal Undo, Bahan Makanan Alternatif Pengganti Nasi di Polman
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *