Jakarta

Wanita ini terkesima saat melihat video proses memasak ikan bakar menggunakan daun pisang. Rupanya, ini pertama kalinya dia melihatnya. Ini komentarnya.

Hidangan ikan bakar cukup populer di Malaysia. Di negara tetangga, ikan juga biasanya diolah dengan cara tradisional. Misalnya dibakar menggunakan arang atau dimasak menggunakan daun pisang.

Bagi masyarakat Malaysia dan Asia Tenggara, proses memasak ini mungkin terasa familiar. Namun, bagi masyarakat di benua lain, hal ini cukup asing.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Melalui unggahan di TikTok @realmumlaughter, wanita asal Nigeria ini menunjukkan keheranannya saat melihat video cara mengolah ikan bakar di sebuah restoran Malaysia.

Pertama kali melihat ikan bakar menggunakan daun pisang, wanita ini terkesimaWanita itu menonton video seorang pelayan di sebuah restoran menyiapkan ikan bakar, lalu memberikan reaksinya. Foto: TikTok @realmumaughter

Nampaknya baru pertama kali wanita tersebut melihat video proses memasak ikan seperti itu. Menurutnya, restoran di Malaysia menyiapkan makanan dengan cara yang bersih. Ia juga mengatakan mereka berhati-hati dan teliti dalam menyiapkan ikan satu per satu.

“Aku pengen banget ikan ini. Lihat…teliti sekali dia menyiapkannya. Lihat bumbunya, semuanya rapi sekali,” ucapnya.

Wanita asal Nigeria ini juga tak percaya ikan bakar ini dimasak dengan daun pisang. Proses memasak ini membuatnya semakin tergoda dan penasaran.

Dilihat dari komentarnya, sepertinya ia sangat ingin mencoba ikan bakar yang dimasak dengan daun pisang.

“Saya tidak tahu harus berkata apa sekarang. Yang ingin saya katakan, saya sangat ingin mencicipi ikannya, Anda juga harus melakukannya,” jelasnya.

Wanita asal Nigeria ini pun penasaran dengan fungsi daun pisang. Ia bertanya-tanya apakah daun pisang digunakan untuk mencegah ikan menempel di panggangan, lapor mstar.com (10/01).

Wanita asal Nigeria ini takjub dan bertanya-tanya mengapa ikan bakar dimasak menggunakan daun.Wanita asal Nigeria ini takjub dan bertanya-tanya mengapa ikan bakar dimasak menggunakan daun. Foto: TikTok @realmumaughter

Rasa penasarannya memuncak. Ia menanyakan kepada warganet lokasi warung ikan bakar tersebut. Ia pun menanyakan apakah ikan bakar seperti ini dijual di kampung halamannya, Lagos, Nigeria.

“Aku sangat lapar! Di mana letaknya yang dekat ini? Tidak adakah yang akan menjual barang semacam ini di Lagos, Nigeria?” dia berkata.

Jika dilihat dari video, tampak beberapa pekerja restoran sedang sibuk menyiapkan ikan bakar pesanan pelanggan. Beberapa jenis ikan disiapkan, dilumuri sambal dan sambal, kemudian dibakar.

Sedangkan daun pisang biasanya digunakan untuk mengurangi bau amis pada ikan. Menutupi ikan bakar dengan daun pisang juga membuat ikan kering merata setelah dimasak.

Unggahan video reaksi tersebut pun telah dilihat lebih dari 1,7 juta akun. Banyak netizen asal Malaysia yang membanjiri kolom komentar video tersebut.

Sejumlah netizen pun ikut membantu menjawab pertanyaan yang dilontarkan wanita asal Nigeria tersebut. Seorang warganet menjelaskan, masakan tersebut bernama ikan bakar. Dimasak menggunakan daun pisang agar rasa lebih aromatik.

Netizen lainnya pun membagikan nama restoran Malaysia tersebut. Namanya Mak Kimbong yang berlokasi di bagian 4 Malaysia.

Wanita Nigeria melihat proses memasak ikan bakar untuk pertama kalinyaRestoran ini bernama Mak Kimbong yang terletak di Selangor, Malaysia. Foto: TikTok / Ulasan Google

Menurut seorang netizen, lokasi restoran ini sangat dekat dengan rumahnya. Alhasil, dia selalu makan siang di sana karena makanannya juga enak.

Beberapa netizen pun menyarankan wanita ini untuk membuat ikan bakar sendiri di rumah.

“Bisa buat sendiri.. cukup lumuri ikannya dengan bubuk kunyit dan garam. Lalu panggang,” jelas warganet ini.

Sebagai informasi tambahan, Restoran Mak Kimbong terletak di Bandar Baru Bangi, Selangor, Malaysia. Menawarkan beragam hidangan lezat, mulai dari gurita hingga ikan bakar. Hidangan ala rumahan lainnya juga tersedia di sini.

Jika melihat testimoni netizen di kolom komentar, sepertinya restoran Mak Kimbong ini memang memuaskan, karena murah, enak, dan porsinya banyak.

Menonton video “Pasar Ikan Kedonganan Bali Dipenuhi Pembeli Jelang Tahun Baru 2024
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *