Jakarta

Minum kopi bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika dilakukan dengan cara yang salah. Seperti terlalu banyak kafein atau penggunaan biji kopi yang salah.

Kopi bisa menyehatkan jika diminum dengan cara yang benar. Sebab kandungan antioksidannya mampu meningkatkan imunitas dan energi tubuh sepanjang hari.

Namun kopi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini bisa terjadi jika digunakan dengan cara yang salah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Melaporkan dari Health Shots (17/10/2023), Vidhi Chawla, ahli gizi menyebutkan beberapa kesalahan dalam minum kopi. Di antaranya terlalu banyak minum kopi yang banyak kafein, tidak minum air putih setelah minum kopi, dan menggunakan biji kopi yang salah.

Berikut kesalahan minum kopi yang tidak baik bagi kesehatan:

1. Terlalu Banyak

Minum kopi hitam di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badanMinum Kopi Foto: iStock Illustration

Kafein sebenarnya bertanggung jawab atas kebaikan kopi. Namun jika berlebihan juga dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Konsumsi kafein berlebihan meningkatkan risiko insomnia, hipertensi, dan gangguan jantung. Jadi, batasi konsumsi kafein harian Anda. Menurut Mayo Clinic, batas maksimalnya adalah 3-4 cangkir kopi per hari.

2. Kurangi minum air putih

Setelah minum kopi, sangat dianjurkan untuk minum air putih yang cukup. Sebab, tubuh bisa saja memproduksi urin lebih banyak karena kopi yang bisa menyebabkan dehidrasi.

Air ini dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Pasalnya, tubuh yang dehidrasi bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti kelelahan, sakit kepala, hingga gangguan fungsi kognitif.

Menonton video “Kedai Kopi M. Aboe Talib Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *