Jakarta

Kuliner khas Jawa Barat yang satu ini populer dan menjadi jajanan yang disukai banyak orang. Berupa kerupuk yang dimasak dengan bumbu kencur dan sambal nampol pedas.

Seblak merupakan makanan khas Jawa Barat dan sangat populer di Bandung. Konon asal muasal seblak ini berasal dari Garut.

Terbuat dari kerupuk yang telah dilunakkan, kemudian dimasak dengan bumbu kencur yang pedas dan beraroma serta dicampur dengan berbagai bahan. Seperti bakso, sosis, telur, sayuran, dan mie.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hidangan pedas dan pedas ini biasanya disajikan dengan saus atau kering. Seperti menyajikan mee goreng dan mee rebus.

Seblak Khusus Jawa BaratSeblak Istimewa Jabar Foto: Getty Images/iStockphoto

Ciri khas yang perlu dihadirkan dalam sajian seblak adalah penggunaan kerupuk jeruk. Saat ini varian kerupuk semakin beragam, ada yang menggunakan kerupuk bawang, kerupuk bintang, kerupuk mawar, bahkan yang berbentuk rantai warna-warni.

Sajian khas Garut yang satu ini ternyata lebih populer di Bandung. Penjual di Bandung sangat mudah ditemukan, biasanya ditawarkan dengan gerobak sederhana atau usaha rumahan.

Seperti Seblak Teh Ida, Seblak Mamah Saleh, dan Seblak Mah Da yang lokasinya berada pada permukiman berwarna di gang-gang sempit. Meski berada di dalam gang, banyak penggemar seblak yang rela mencarinya untuk dinikmati.

Tak hanya di Bandung, popularitas seblak juga semakin meningkat di Jakarta, Bogor, Tangerang dan lain-lain. Misalnya saja Seblak Mama Zafran yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur. Penjualnya viral di TikTok, karena kisah inspiratifnya.

Seblak merupakan salah satu jajanan khas indonesia yang berasal dari bandung, seblak terbuat dari kerupuk basah, sayur mayur dan daging atau telur.Seblak merupakan salah satu jajanan khas indonesia yang berasal dari bandung, seblak terbuat dari kerupuk basah, sayur mayur dan daging atau telur. Foto: Getty Images/iStockphoto/Dicky Algofari

Kini banyak juga penjual seblak yang menawarkan konsep prasmanan. Pelanggan dapat memilih kerupuk, bumbu dan sayuran yang ingin dimasak sendiri. Harganya juga masuk akal, mulai dari Rp 1.000 saja.

Pada tahun 2023, Rafael Tan yang tergabung dalam boy grup SM*SH menjadi viral berkat konten TikTok saat ia membuat seblak. Yang viral warna hitam konon berasal dari Garut.

Namanya dikenal dengan sebutan 'Seblak Coet'. Bahan seblaknya menggunakan kerupuk bunga mawar yang sudah dilunakkan, kemudian dicampur dengan bumbu kencur dan cabai rawit pedas.

Seblak Khusus Jawa BaratSeblak Istimewa Jabar Foto: Getty Images/iStockphoto

Gaya viral Rafael Tan sungguh mengerikan. Bahkan ia juga dijuluki Duta Seblak. Resep seblak juga paling banyak dicari di tahun 2023.

Sepanjang pekan ini detikFood akan membahas seblak. Mulai dari fakta, jenis, tips memesan buffet, hingga beberapa rekomendasinya. Jadi pantengin terus detikFood!

Menonton video “Bikin Lapar: Tendangan Pedas Petasan yang Bikin Ketagihan
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *