Jakarta

Pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai umur simpan yang pendek. Jika ingin tetap segar, ada tips yang bisa Anda ikuti agar pisang yang disimpan tidak cepat busuk.

Pisang biasanya dimakan setiap hari, biasanya untuk sarapan pagi. Tak hanya itu, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat adonan kue.

Pisang biasanya digunakan sebagai adonan kue ketika sudah terlalu matang. Rasanya sangat manis dan teksturnya agak lembut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pisang sebenarnya merupakan buah yang memiliki umur simpan yang pendek. Apalagi jika salah menyimpannya, proses pembusukannya juga bisa lebih cepat.

Melaporkan dari Cermin (14/1), pisang bisa bertahan lama jika disimpan dengan benar. Bahkan, umurnya bisa mencapai 15 hari.

cara menyimpan pisangcara menyimpan pisang Foto: Getty Images/iStockphoto

Mike dari Kitchen Tips Online menunjukkan hasil eksperimennya di rumah. Dia membeli dua sisir pisang dari rak yang sama di supermarket, lalu menyimpannya dengan cara yang berbeda.

Dia menyimpan sisir pisang di meja dapur. Dia memasukkan sisir kedua ke dalam wadah kedap udara dan meletakkannya di meja dapur. Pisang yang ditempatkan dalam wadah juga ditambahkan bola penyerap etilen.

Bola-bola etilen ini mampu menyerap gas etilen yang merupakan zat alami dari batang pisang. Gas ini bekerja dengan cara menyebar ke seluruh buah untuk membantu proses pematangan.

cara menyimpan pisangcara menyimpan pisang Foto: Getty Images/iStockphoto

Mike mengaku setiap hari memeriksa pisangnya untuk mengetahui apakah sudah matang, terutama yang ditempatkan di wadah kedap udara.

“Hari ke 5 dan 6 adalah saat kita mulai melihat perbedaan yang nyata. Pada hari ke 8, saya perhatikan bahwa pisang yang didiamkan di sana (tanpa wadah) jauh lebih empuk dibandingkan dengan yang ada di dalam wadah. Saat itulah saya memutuskan untuk memasukkan pisang tersebut. (tanpa wadah) ke dalam lemari es,” kata Mike.

Sedangkan pisang dalam wadah masih dalam kondisi baik dan belum empuk. Jadi bisa dipastikan cara ini paling cocok untuk menjaga kesegaran pisang lebih lama.

Menonton video “Jajanan Pisang Unik di Tebet dan Dijamin Bikin kenyang Seharian!
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *