Jakarta

Kafe asal Bali ini telah membuka beberapa cabang di Jakarta. Perpaduan kopi dan buah segar hingga affogato yang creamy dan lembut patut untuk dicoba!

Kopi segar tidak hanya bisa dinikmati dengan tambahan susu dan pemanis. Mia Lakshmi, selaku Q Robusta grader dari 5758 Coffee Lab Bandung mengatakan akan terjadi pergeseran tren kopi di tahun 2024.

Bahan mocktail kopi dan pencampuran kopi dengan buah akan mulai populer. Salah satu kafe yang terkenal dengan kopi dan campuran buahnya adalah Second Floor Coffee.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kafe asal Bali yang kini buka di Jakarta ini menyajikan racikan kopi unik yang mampu menyegarkan tubuh dengan 'upgrade'. Penasaran dengan racikan kopi tersebut, detikfood akhirnya menyambangi salah satu kedai Kopi Lantai Dua di kawasan Cikajang, Jakarta Selatan (17/1).

Terdapat beberapa menu racikan kopi, affogato, dan lauk pauk yang menarik. Ternyata pengalaman di kafe ramai yang menjadi highlight Bali.

Baca juga: Duh! Wisatawan dikenai harga mencongkel, burger jajanan pinggir jalan dikenai Rp 33 ribu

Detail Informasi
Nama Restoran Kopi Lantai Dua
Alamat Jalan Cikajang No.36, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Tidak ada Telp 0899-9430-003
Jam operasional Setiap hari pukul 07.00 – 21.00 WIB
Perkiraan harga Rp 40.000 – Rp 150.000
Jenis Masakan Kopi, Tradisional
Kenyamanan
  • Makan di rumah
  • Bawa kembali
  • Parkir Terbatas
  • toilet
  • dll.
Kopi Lantai Dua: Kolaborasi Kopi Segar yang Unik dan Rasa BuahDi balik warna hitamnya, ada tambahan ekstrak mangga pada secangkir kopi ini. Foto: detikcom

Campuran Mankay Manis Alami

Salah satu karyawan Second Floor Coffee mengatakan, ada coffee blend yang hanya tersedia di cabang Cikajang dan Menteng. Penasaran mendengar penjelasan menggunakan campuran mangga membuat kami tertarik untuk memesannya.

Saat itu Kopi Tingka Dua menggunakan biji kopi arabika yang berasal dari Gunung Ijen, Malang. “Kebetulan saya pakai Arabika dari Ijen. Biasanya saya pakai Bali Natural tapi stoknya habis, tinggal sedikit,” kata salah satu pekerja yang melayani kami.

Untuk menghasilkan Mankay (Rp 65.000), biji kopi diseduh terlebih dahulu menjadi espresso. Kemudian ditambahkan buah mangga segar yang sudah diolah yang diekstraksi atau disebut mentah.

Ada cara khusus untuk menikmati kopi ini. Pertama-tama, wadah berisi campuran kopi dan buah harus diputar atau diputar perlahan hingga semua komponen tercampur sempurna.

Lalu tuang ke dalam gelas berisi es batu. Tuang langsung di atas es batu. Sebelum menyeruput kopi, pastikan untuk minum air mineral untuk mencuci lidah.

Saat diseruput, keseimbangan antara rasa ringan dan asam kopi Arabika Ijen serta manisnya buah mangga bisa terasa. Apalagi jika menikmatinya dengan menyeruput hingga kopinya menyebar ke seluruh mulut.

Kopi Lantai Dua: Kolaborasi Kopi Segar yang Unik dan Rasa BuahSelain ekstrak mangga, ada juga racikan dengan tambahan jeruk nipis yuzu yang menyegarkan. Foto: detikcom

Yuziutto segar dengan Lemon Yuzu

Berbeda dengan Mankay yang manis, jika Anda lebih menyukai rasa asam yang menyegarkan, ada Yuziutto yang bisa Anda pesan. Segelas Yuziutto terbuat dari perpaduan espresso dengan tambahan jeruk nipis yuzu dari Jepang.

Jeruk nipis yuzu yang digunakan juga diolah menjadi ekstrak terlebih dahulu. Baru setelah itu dicampur dengan espresso dan siap disajikan kepada pelanggan.

Harga segelas Yuziutto dipatok Rp 55.000, lengkap dengan air mineral untuk cuci lidah. Perpaduan rasa yang unik dapat dinikmati dalam gelas ini, asam dari arabika, asam dari jeruk nipis yuzu, dan sentuhan manis yang berasal dari fruktosa dari lemon itu sendiri.

Kami juga diberitahu bahwa sama sekali tidak ada pemanis tambahan di Kopi Lantai Dua. Semua kopi yang diolah dengan tambahan ekstrak buah murni hanya mengandalkan rasa alami dari buah itu sendiri.

Ada nasi goreng affogato dan kecombrang yang nikmat di halaman berikutnya.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *