Jakarta

Berbagai jenis peralatan dapur mempunyai kegunaannya masing-masing. Seperti wajan yang biasa digunakan untuk menggoreng dan memanggang, serta wajan yang digunakan untuk merebus atau mengukus.

Namun bagaimana jika peralatan dapur multifungsi tentu akan memudahkan proses memasak bukan? Alat masak ini merupakan slow cooker yang dapat digunakan untuk memasak berbagai macam masakan.

Dengan alat ini seseorang tidak perlu khawatir untuk memasak makanan tertentu karena tidak memiliki peralatan apapun. Selain itu, Anda tidak perlu lagi mencuci banyak piring kotor karena hanya menggunakan satu alat untuk memasak.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Apa itu Pemasak Lambat?

Mengutip situs Taste of Home, slow cooker merupakan kompor listrik untuk memasak makanan dengan suhu rendah dan perlahan. Oleh karena itu, memasak dengan slow cooker membutuhkan waktu yang lama.

Dengan metode ini, slow cooker dapat digunakan untuk melunakkan daging yang besar dan kental. Baik daging sapi, ayam, maupun babi.

Di sisi lain, alat ini juga dapat digunakan untuk memasak bubur, sop, rendang, semur, sayur mayur, MPASI, serta untuk membuat makanan pembuka dan penutup.

Kapasitasnya yang besar membuat slow cooker ini cocok digunakan untuk memasak makanan dalam jumlah besar. Di pasaran ada ukuran hingga 4 – 6,3 liter.

Memasak dengan slow cooker lebih mudah karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu seharian di dapur. Dengan alat ini, Anda dapat meninggalkan aktivitas memasak atau saat melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Cara Menggunakan Pemasak Lambat

Cara menggunakan slow cooker sederhana dan praktis. Cukup colokkan kabel colokan ke stopkontak listrik dan masukkan bahan masakan yang ingin digunakan ke dalamnya.

Kemudian atur slow cooker ke mode low atau high, lalu tutup dan tunggu hingga makanan matang.

Tips Memasak Pemasak Lambat

Untuk memasak menggunakan slow cooker, simak tips berikut ini.

  • Saat menggunakannya, isi slow cooker hingga tiga perempat kapasitasnya agar tidak terlalu matang dan meluap
  • Atur waktu memasaknya sesuai, misalnya merebus daging hingga empuk di atas kompor selama 1 jam, lalu 8-10 jam dengan suhu rendah di slow cooker dan 4-6 jam dengan suhu tinggi.
  • Hindari mengintip atau membuka tutup slow cooker untuk menghindari memperpanjang waktu memasak.

Tips Membersihkan Panci Secara Perlahan

Setelah Anda selesai menggunakan slow cooker, ikuti tips berikut untuk membersihkan dan merawatnya.

  • Setelah dipakai, tunggu hingga dingin terlebih dahulu, lalu angkat dari kompor dan cuci dengan sabun dan air bersih
  • Bersihkan kotoran yang tumpah atau menempel di bagian luar pot secara perlahan menggunakan kain atau tisu basah
  • Jika terdapat noda membandel pada kompor, bersihkan dengan pasta soda kue dan air.

Perbedaan Slow Cooker dan Rice Cooker

Slow cooker berbeda dengan rice cooker, berikut perbedaannya:

1. Panas yang Dihasilkan

Slow cooker mendistribusikan panas secara perlahan dan merata, sehingga cocok untuk memasak daging hingga empuk namun tidak terlalu matang. Sedangkan rice cookernya menggunakan panas yang ekstrim sehingga membuatnya cepat panas.

2. Waktu Memasak

Dengan cara menggunakan suhu rendah, memasak dengan slow cooker membutuhkan waktu 2-10 jam. Di rice cooker misalnya, memasak nasi hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam.

3. Ukuran Tungku

Rice cooker umumnya mempunyai kapasitas yang tidak terlalu besar. Di Indonesia, rice pot berukuran 0,6 – 2,2 liter. Sedangkan slow cooker mampu menampung 3 – 7 liter.

4. Jenis Makanan yang Dimasak

Penanak nasi paling sering digunakan untuk menanak nasi. Namun alat ini juga bisa digunakan untuk merebus makanan, mengukus, dan menggoreng makanan.

Slow cooker dapat digunakan untuk membuat bubur dan MPASI, mengukus sayuran, memasak dan melunakkan daging, bahkan membuat makanan pembuka dan penutup.

5. Mode memasak

Pada rice cooker biasanya hanya terdapat mode memasak dan memanaskan saja. Sedangkan slow cooker memiliki mode panas, tinggi, dan rendah.

Itulah penjelasan mengenai slow cooker, alat dapur serbaguna untuk memasak berbagai macam masakan.

Menonton video “Masakan di Jakarta Selatan, Menteng Atas
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *