Jakarta

Seblak pada dasarnya adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari kerupuk. Jenis seblaknya bermacam-macam, mulai dari seblak kering hingga seblak mortar. Berikut 5 jenisnya!

Salah satu masakan Jawa Barat yang terkenal adalah seblak. Bahannya terdiri dari kerupuk yang dihaluskan, kemudian dimasak dengan bumbu. Tambahkan topping lain seperti bakso, mie, telur, dan rasanya terkenal pedas dan nikmat sekali.

Selain menggunakan kerupuk, ciri khas seblak lainnya adalah bumbunya. Bumbu seblak harus menggunakan kencur atau chikur dalam bahasa Sunda. Penggunaan kencur membuat aroma seblak semakin menggoda.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Jenis seblaknya banyak dan bisa dinikmati sesuai selera. Variasinya terdiri dari seblak kering mirip kerupuk, seblak basah, hingga seblak lesun.

Perbedaannya terlihat dari cara memasak, penyajian, dan penggunaan bahan yang berbeda. Berikut 5 jenis seblak yang bisa Anda temukan!

1. Seblak kering

Seblak kering atau sering disebut sebring, terdiri dari kerupuk bawang goreng warna-warni. Kemudian sebringnya diberi bumbu yang sama dengan bumbu seblak basah.

Seblak kering biasanya dijadikan camilan yang pedas dan nikmat. Teksturnya renyah dan garing saat disantap. Seblak kering sering dikatakan mirip dengan kerupuk pedas atau basreng (bakso goreng).

Seblak jenis ini disukai oleh para pecinta makanan pedas yang menyukai sensasi renyah makanannya. Rasa rempahnya juga bikin ketagihan.

2. Sup basah

Pedas sekali!  Inilah 5 Seblak Paling Laris dan Populer di BandungInilah penampakan titik basah yang paling umum. Foto: Halaman Berita

Seblak basah berbeda dengan seblak kering. Seblak basah merupakan salah satu variasi seblak yang sering dijumpai.

Pilihannya juga lebih banyak, mulai dari kerupuk biasa, makaroni, ceker ayam, tulang ayam dan lain sebagainya.

Seblak basah sepertinya menjadi salah satu jenis seblak yang paling banyak digemari. Campuran bahannya dimasak dengan bumbu pilihan, mulai dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, air asam jawa, dan tomat.

Bumbu tersebut kemudian dimasak bersama kerupuk dan isian lainnya, seperti bakso, mie, dan sosis.

Namun, seblak basah tidak harus harus berkuah banyak. Bisa juga disajikan dengan sedikit saus.

3. Pilih lesung dan alu

Salad Viral Rafael Cobek, Tumis Kerupuk Rebus dengan Jahe Aromatik Chicur, Cabai, dan Bawang Putih.  Street Food dari Bandung, Jawa BaratSeblak cobek merupakan salah satu seblak yang menjadi viral akhir-akhir ini karena Rafael Tan. Foto: Getty Images/Ika Rahma

Seblak cobek merupakan seblak kreasi yang viral di media sosial karena diperkenalkan oleh Rafael Tan salah satu boyband Smash.

Rafael menunjukkan tutorial kreasi cobek seblak yang mudah dan enak. Seblak juga disajikan kering, tanpa kuah.

Seblak cobek terdiri dari kerupuk mawar, kencur cincang, bawang putih, daun bawang, cabai merah, cabai hijau, dan beberapa bumbu.

Kerupuk mawar direbus terlebih dahulu hingga empuk. Kemudian masukkan bahan-bahan yang disebutkan dalam cobek. Tambahkan sedikit garam dan gula sesuai selera. Blender hingga halus.

Setelah dirasa sudah pas, campurkan minyak panas ke atas bumbu, aduk hingga rata. Lalu tinggal mengaduk rose cracker yang sudah direbus bersama bumbu.

Seblak ala Rafael siap dinikmati.

Jenis-jenis seblak panggang hingga seblak Korea bisa Anda lihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Cobain Seafood 67 yang antriannya banyak
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *