Jakarta

Kopi cold brew tak kalah populernya dengan es Americano atau es kopi Jepang. Tak hanya nikmat dan menyegarkan, kopi dingin ini juga punya manfaat untuk kesehatan.

Ada banyak racikan kopi yang bisa dinikmati sesuai selera. Setiap bahan juga memberikan profil rasa dan manfaat yang berbeda. Salah satu jenis kopi yang paling populer adalah kopi cold brew.

Kopi cold brew dikenal dengan rasanya yang halus dan menyegarkan. Kopi ini tidak disajikan panas, melainkan dingin. Jenis racikannya juga berbeda dengan Ice Americano atau Ice Japanese Coffee.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Meski sama-sama dibuat dengan campuran kopi dan air, namun kopi yang disajikan dingin dan dingin memiliki keistimewaan tersendiri. Selain cara pembuatan dan rasanya, minuman dingin juga diketahui memiliki beberapa manfaat.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai minuman dingin dan manfaatnya bagi kesehatan, simak penjelasannya berikut ini seperti dilansir Camille Styles (19/01).

1. Mengenal minuman dingin

5 Fakta Cold Brew Coffee, Kopi Cold Brew Lebih Tahan Lama di KulkasCold brew adalah kopi yang diseduh dengan suhu dingin. Foto: Getty Images/iStockphoto/DIPA

Minuman dingin diolah dengan cara merendam bubuk kopi kasar dalam air dingin dalam jangka waktu lama. Biasanya minuman dingin diekstraksi lebih dari 8 jam, tergantung jenis dan peralatan ekstraksi masing-masing.

Proses ekstraksi lambat ini mampu mengekstrak rasa, minyak, dan kafein dari kopi secara bertahap. Menghasilkan ekstrak kopi pekat, dengan rasa manis dan tingkat keasaman rendah.

2. Lembut dan tidak terlalu asam

Perbedaan minuman dingin dengan es kopi jepangRasanya ringan dan tingkat keasamannya rendah. Foto: Getty Images

Rasa kopinya lembut dan tidak terlalu asam karena proses ekstraksi atau perendaman yang lama. Hal ini mempengaruhi keasaman dan kepahitan kopi.

Oleh karena itu, kopi jenis ini menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang sensitif terhadap kopi asam.

3. Kandungan kafein yang tinggi

4 Tips Meracik Minuman Dingin ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!Namun kandungan kafeinnya cukup tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Suphansa Subruayying

Kopi cold brew sering kali diseduh dengan rasio kopi dan air yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan minuman yang lebih kental. Sebab, kandungan kafeinnya lebih tinggi.

Kopi cold brew biasanya memiliki perbandingan 1:10 hingga 1:15. Artinya jika menggunakan 30 gram kopi maka air yang digunakan untuk hasil terbaik adalah 300 ml.

Kandungan kafein yang tinggi inilah yang membuat kopi cold brew baik diminum sebelum memulai olahraga.

Manfaat minuman dingin lainnya bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *