Jakarta

Tak kalah segarnya dengan jeruk daerah lain, jeruk betawi juga populer dan banyak penggemarnya. Bahkan ada penjual acar yang sudah ada sejak tahun 1970an.

Berbeda dengan acar bogor, acar khas betawi hanya menggunakan olahan sayuran. Saus dan bumbu yang digunakan juga sangat berbeda antara kedua jenis acar ini.

Asinan Betawi menggunakan saus kacang encer dengan lelehan gula palem untuk memberikan rasa manis. Penambahan kerupuk mie sebagai topping acar Betawi juga memberikan tekstur renyah yang melengkapi potongan sayur segarnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hidangan ini merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang populer dan banyak penggemarnya sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan ada beberapa penjual jeruk betawi yang sudah beroperasi sejak tahun 1970an dan masih terkenal hingga saat ini.

Berikut 5 jeruk Betawi legendaris yang kesegarannya tak pernah berubah:

Sangat segar! 5 Acar Betawi Legendaris Ini Sudah Populer Sejak Tahun 1970-anAcar legendaris ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Foto: Istimewa

1. Acar Kamboja H. Mansyur

Nama Asinan Kamboja diambil dari lokasinya di Jalan Kemboja. Bahan berupa irisan kol, tauge, dan berbagai sayuran lainnya disiram dengan saus kacang yang membanjiri mangkuk.

Dari jam makan siang hingga siang hari, pelanggan yang datang ke sini harus sabar mengantri. Menurut penjualnya, dalam sehari mereka bisa menjual setidaknya 100 bagian acar Betawi.

Acar Kamboja H. Mansyur berlokasi di Jalan Taman Kamboja III No.10, Rawamangun, Jakarta Timur. Harga tiap porsi jeruk segar lezat ini hanya Rp 20.000 saja.

2. Asinan Betawi H. Asymuni

Acar Betawi Haji Asymuni sudah populer sejak tahun 1978. Lokasi penjualan yang berada di gang kecil tidak pernah berubah sejak mulai berjualan acar.

Namun meski berada di gang kecil, banyak pelanggan yang rela mengantri untuk mendapatkan acar legendaris ini. Rasa sambal kacangnya yang pedas, manis, dan segar membuat ribuan pelanggan datang untuk membeli sendiri atau menjualnya kembali.

Untuk mencicipi beberapa jeruk Haji Asymuni yang rasanya tidak pernah berubah ini cukup merogoh kocek mulai dari Rp 18.000 saja. Lokasinya bisa dikunjungi di Jalan Pisangan Baru Tengah No.31, Matraman, Jakarta Timur.

Saran acar betawi legendaris lainnya ada di halaman selanjutnya.

Menonton video “Cicipi Bakmi Doraemon, Masakan Legendaris di Cempaka Putih
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *