Jakarta

Indonesia mempunyai banyak makanan tradisional dari berbagai daerah. Tak sedikit makanan tersebut dijual di beberapa restoran di seluruh Indonesia.

Di banyak tempat makan yang menyajikan makanan tradisional, beberapa di antaranya memiliki cita rasa yang enak dan unik.

Restoran ini bahkan masuk dalam daftar restoran tradisional terbaik terbitan TasteAtlas, sebuah situs kuliner dan panduan perjalanan yang mengulas budaya lokal dan makanan berbagai negara.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Lantas, restoran apa saja yang dinobatkan sebagai tempat makan terbaik oleh TasteAtlas?

Restoran Tradisional Terlezat di Indonesia

Berikut beberapa tempat makan tradisional terenak di Indonesia menurut TasteAtlas.

Warung Soto Kadipiro di Jalan Wates, Bantul. Foto diambil Jumat (3/11/2023).Warung Soto Kadipiro di Jalan Wates, Bantul. Foto: Steffy Gracia/detikJogja

1. Warung Soto Kadipiro

Soto Kadipiro terletak di Jalan Wates No. 33, Ngestiharjo, Bantul, Yogyakarta. Tempat ini diketahui sudah ada sejak tahun 1921 dan merupakan kedai soto legendaris di Jogja.

Selain soto yang terkenal, ada juga menu lain di sini seperti ayam goreng, tahu, tempe, gorengan, sate telur puyuh, dan peyek. Harga menu mulai dari Rp 20.000 saja.

Warung Soto Kadipiro konon memiliki beberapa cabang yang tersebar di seluruh Yogyakarta.

Seorang pramusaji mengantarkan kuliner seafood kepada pelanggan di Warung Mak Beng, Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (29/6/2023). Warung yang berdiri sejak tahun 1941 ini menjual ikan laut goreng, sop kepala ikan laut, dan sop sayur, serta masuk dalam daftar TasteAtlas restoran paling legendaris ketiga di dunia. ANTARA FOTO/Pikiran YusufFoto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

2. Toko Mak Beng

Berlokasi di Jalan Hang Tuah, Sanur – Bali, Warung Mak Beng didirikan pada tahun 1941 oleh Ni Ketut Tjuki. Dan Mak Beng adalah nama panggilannya yang terkenal.

Menu yang tersedia di tempat ini tidak banyak. Yang ada hanya ikan laut goreng, sop kepala ikan laut, sop sayur dan aneka minuman. Untuk menunya, porsi standar dibanderol Rp 55.000.

3. Rakit Babi Renyah

Tempat makan selanjutnya masih di Pulau Dewata yaitu Raf Babi Krispi. Warungnya berlokasi di Living World, Jalan Gatot Subroto, Denpasar Utara, dan di Jalan Merdeka, Renon, Denpasar Selatan.

Di sini tersedia menu nasi babi renyah, daging babi renyah ukuran S/M, dan iga babi panggang. Harga menu mulai dari Rp 50.000 – Rp 100.000.

4. Lapo Marpadotbe

Lapo Marpadotbe berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur. Tempat ini menyajikan makanan khas Batak.

Di tempat ini terdapat berbagai menu daging babi seperti daging babi arsik dan babi goreng, ayam kampung, sejumlah ikan dan sayur mayur. Lapo Marpadotbe buka Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-18.00.

Tapestry Tempe di Restoran 1945 berkolaborasi dengan Gerakan TempeTapestry Tempe di Restoran 1945 bekerjasama dengan Gerakan Tempe Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

5. Restoran 1945

Terletak di dalam hotel Fairmont Jakarta, 1945 Restaurant menyajikan makanan tradisional Indonesia. Restoran ini juga telah mendapatkan sertifikasi halal MUI.

Menu makanan yang ditawarkan di sini antara lain nasi campur, nasi kapau, nasi bali, dan nasi tumpeng. Selain itu, ada juga menu seperti lumpia bebek, kalio udang, bunga pepaya, dan makanan penutup seperti tape tarte tatin.

Itulah daftar restoran makanan tradisional terbaik di Indonesia menurut TasteAtlas.

Menonton video “Nikmati Prasmanan Sunda di BSD Lakeside Resto
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *