Jakarta

Semua buah-buahan mempunyai khasiat dan manfaatnya masing-masing, namun dokter penyakit dalam ini mengungkap buah favoritnya. Ia memilih buah dengan profil nutrisi tertentu yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Buah-buahan merupakan salah satu makanan sehat yang perlu dikonsumsi setiap hari. Anjuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) adalah mengonsumsi 2-3 porsi atau 150 gram buah per hari.

Jenis buah yang bisa dimakan sangat beragam. Setiap buah memiliki rasa, khasiat dan manfaatnya masing-masing. Namun, seorang dokter penyakit dalam dan ahli gizi mengungkap buah kesukaannya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dokter di Los Angeles dengan akun TikTok drdedeck (11/1/2024) ini mengunggah tentang manfaat buah-buahan populer yang bisa ditemukan di supermarket. Katanya, semua buah utuh dan asli sebenarnya baik, namun beberapa buah lebih bergizi atau lebih mengenyangkan dibandingkan yang lain.

Berikut penilaian nutrisi Dr De Deck terhadap buah-buahan populer:

1. Anggur

Dr De Deck mengungkapkan bahwa anggur merupakan buah yang baik, namun tinggi gula. Tiap 1 cangkir buah anggur tanpa biji mengandung 23 gram gula pasir. Sedangkan kalorinya sekitar 104 kkal.

“Anggur juga rendah serat dibandingkan jenis buah lainnya,” kata Dr De Deck.

2. Ceri

Diare karena makan ceriFoto: Istimewa

Menurut Dr. De Deck, ceri adalah buah luar biasa yang mengandung antioksidan super. “Sangat anti penuaan dan juga baik dikonsumsi sebelum olahraga,” ujarnya.

3. Memberi

Dr De Deck menyebut berbagai buah beri seperti blueberry, stroberi, dan blackberry adalah yang terbaik. Katanya, buah jenis ini memiliki antioksidan paling tinggi.

“Bagus untuk mencegah penuaan. Anda tidak bisa salah memilih mengonsumsi buah beri,” kata Dr. De Deck.

4. Jeruk

Besar!  Satu Mandarin Orange Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di JepangFoto: iStock

Banyak orang menyukai jeruk karena rasanya yang segar dan asam. Menurut Dr De Deck, jeruk merupakan buah yang tinggi serat dan antioksidan. Memakannya adalah pilihan yang baik.

5. Banding

Berbicara tentang apel, Dr. De Deck langsung menceritakan bahwa buah ini tinggi akan pektin, yaitu salah satu jenis serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Buah favorit Dr De Deck masih ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *