Jakarta

Masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat dan bergizi. Mulailah dengan mengonsumsi 8 makanan ini.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi ketika tekanan darah berada di atas normal. Hipertensi dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan yang berbahaya.

Misalnya saja meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, bahkan bisa menyebabkan kematian. Melansir halodoc.com, tekanan darah tinggi terjadi ketika darah yang dipompa oleh jantung menjadi lebih banyak dan terjadi penyempitan pembuluh darah di arteri.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Selain pengobatan, perubahan gaya hidup dan pola makan dapat mengatasi masalah ini. Memasukkan makanan tertentu dalam menu harian Anda, terutama makanan yang mengandung potasium dan magnesium, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Untuk membantu mengatasi masalah hipertensi, Anda bisa mulai mengonsumsi 8 makanan ini. Dirangkum healthline.com (20/06/23), berikut daftar makanannya!

1. Buah jeruk

Makan nasi dengan lauk jeruk dan sambal disebut dengan aliran makan di luar nalarKandungan nutrisi pada buah jeruk seperti jeruk diketahui mampu mengatasi hipertensi. Foto: Twitter/Visual

Buah yang termasuk dalam kelompok jeruk ini mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Buah jeruk kaya akan vitamin, mineral dan senyawa yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, dengan mengurangi faktor risiko.

Sebuah studi tahun 2021 yang dilampirkan ke Healthline mengulas informasi 10 tahun terakhir tentang buah-buahan dan pengelolaan tekanan darah tinggi.

Para peneliti menemukan bahwa makan sekitar 530 hingga 600 gram buah per hari (sekitar empat buah jeruk) bermanfaat dalam mengatur tekanan darah.

Para peneliti telah menghubungkan buah jeruk khususnya dengan kemungkinan penurunan risiko tekanan darah tinggi.

Buah jeruk yang bisa dimakan termasuk jeruk, grapefruits dan limau. Selain dimakan utuh, buah-buahan ini juga bisa diolah menjadi jus.

2. Salmon dan ikan dengan lemak tinggi

5 Fakta Garis Putih pada Daging SalmonMengonsumsi ikan salmon atau ikan berlemak lainnya dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi jantung. Foto: iStock

Ikan yang memiliki sumber lemak omega-3 yang tinggi dikatakan sangat baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Ikan jenis ini juga memiliki manfaat yang besar untuk jantung.

Sebuah studi tahun 2022 yang dilampirkan pada Healthline mengamati 71 penelitian dan informasi kesehatan dari 4.973 orang, untuk mengetahui hubungan antara lemak omega-3 dari makanan dan tekanan darah.

Hasilnya menunjukkan manfaat terbesar untuk menurunkan tekanan darah terjadi dengan jumlah harian antara 2 dan 3 gram lemak omega-3.

Kadar lemak omega-3 yang lebih tinggi pada makanan, termasuk ikan, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi pada orang dewasa yang tidak menderita penyakit jantung atau diabetes.

3. Sayuran berdaun hijau

BayamBayam merupakan salah satu pilihan yang dapat mengatasi masalah hipertensi. Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak

Sayuran berdaun hijau juga bisa dimasukkan dalam menu sehari-hari. Sayuran ini merupakan sumber nutrisi seperti potasium dan magnesium yang dapat mendukung tingkat tekanan darah yang optimal.

Sayuran berdaun hijau mengandung folat dan vitamin B yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Nutrisi pada sayuran hijau juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal hingga mencegah hipertensi.

Salah satu daun hijau yang bisa dimakan adalah bayam. Bayam kaya akan senyawa tanaman yang dikenal sebagai nitrat. Nitrat dapat menurunkan tekanan darah

Bayam juga mengandung antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium yang dapat menunjang kesehatan jantung.

4. Wortel

Wortel juga bisa dimakan untuk mengobati hipertensi. Wortel yang renyah dan manis ini kaya akan senyawa tumbuhan yang mungkin terlibat dalam berbagai proses kesehatan, seperti mengatur tekanan darah.

Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa kemungkinan tekanan darah tinggi turun 10% untuk setiap 100 gram wortel yang dimakan setiap hari.

Daftar makanan lain yang bisa mengatasi hipertensi bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *