Jakarta

Beberapa orang suka menyimpan sisa makanan agar bisa dinikmati kembali. Sayangnya, tidak semua makanan aman dikonsumsi dengan cara ini, terutama 5 makanan ini.

Banyak orang yang lebih memilih membeli bahan atau membuat makanan yang tahan lama jika disimpan. Cara ini membuat mereka lebih hemat.

Namun, pakar keamanan pangan mengatakan kepada DailyMail.com bahwa beberapa makanan bisa rusak hanya dalam satu atau dua hari, bahkan setelah dimasak.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dr. Tracey Brigman, ahli gizi dan profesor klinis di Departemen Nutrisi Universitas Georgia, mengungkapkan bahwa sebagian besar sisa makanan akan bertahan dengan aman selama 3 atau 4 hari jika disimpan di lemari es.

Namun kelebihan makanan sebaiknya segera disimpan di lemari es tidak lebih dari 2 jam setelah dinikmati. Sisa makanan ini juga sebaiknya dikemas dalam wadah kedap udara.

Namun, ada beberapa bahan yang lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan mungkin perlu dikonsumsi lebih awal. Makanan yang terkontaminasi bakteri jika dimakan dapat menimbulkan penyakit berbahaya.

Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda mengetahui daftar makanan yang perlu segera dimakan. Dirangkum dailymail.co.uk (12/5/23), ini dia makanannya!

1. Telur rebus

Makanan favorit Raja Charles III, telur rebus dan daging dombaTelur rebus yang sudah dikupas sebaiknya segera dimakan. Foto: Getty Images/iStockphoto

Jika ingin telur rebusnya bertahan lebih dari 24 jam, Anda tidak bisa mengupas telur dari cangkangnya terlebih dahulu.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), cangkang telur berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mengusir bakteri. Setelah lapisan tersebut dihilangkan, bakteri dapat dengan cepat masuk ke rongga telur dan mencemarinya.

Pada tahun 2019, CDC menyelidiki wabah listeria yang terkait dengan telur-telur ini, yang menyebabkan sedikitnya delapan orang sakit di lima negara bagian. Bakteri ini menyebabkan infeksi listeriosis.

Makanan umum lainnya yang terkait dengan penyakit ini adalah susu yang tidak dipasteurisasi, sayuran, dan beberapa jenis daging.

Gejala biasanya dimulai dalam satu hingga empat minggu setelah terpapar. Gejalanya meliputi sakit kepala, kebingungan, nyeri otot, dan demam.

Setelah telur direbus, USDA merekomendasikan agar telur segera didinginkan dalam wadah berisi es. Lalu masukkan ke dalam kulkas selama dua jam.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) juga memperingatkan untuk tidak meninggalkan telur rebus atau hidangan telur di luar lemari es selama lebih dari dua jam.

Jika masih dalam cangkangnya, telur rebus aman dikonsumsi selama kurang lebih seminggu. Para ahli juga merekomendasikan hanya mengupas telur rebus saat siap disantap.

2. Daging giling

Cara menyimpan daging giling agar tahan lebih lamaDaging sapi juga tidak tahan lama di lemari es. Jadi perlu segera dimasak dan dimakan. Foto: Getty Images/iStockphoto

USDA juga memperingatkan bahwa daging giling hanya bertahan satu hari. Maksimal dua hari di lemari es, sebelum mulai membusuk.

Dr Brigman mengungkapkan, tingkat kelembapan yang tinggi membuat daging ini lebih mudah menarik bakteri setelah disimpan di suhu dingin. Itu sebabnya daging giling harus dimasak hingga matang untuk membunuh bakteri atau virus.

Selain salmonella, daging giling juga terkontaminasi bakteri E.Coli. E.Coli merupakan bakteri yang banyak ditemukan pada susu hewan, seperti sapi, kambing, domba, dan rusa.

Meskipun sebagian besar tidak berbahaya, beberapa diantaranya dapat menyebabkan sejumlah gejala gastrointestinal, termasuk kram perut, diare, dan muntah.

3. Melon melon

Dr. Darin Detweiler mengungkapkan melon melon sebaiknya tidak disimpan seharian di lemari es karena patogen seperti salmonella dan listeria tumbuh dengan cepat.

Ia mengungkapkan, “Tebu sebaiknya langsung dimakan setelah dipecah. Jangan pernah membeli tebu yang sudah dipotong atau dibelah dua.”

Buah dapat terpapar patogen dari tanah, hewan, atau air. Bagian luar semangka memiliki permukaan berselaput yang dapat ditempeli mikroba.

Blewah juga dikaitkan dengan wabah salmonella, yang telah menginfeksi 117 orang Amerika. Akibatnya, 61 orang dirawat di rumah sakit dan dua orang meninggal dunia.

Dr Detwiler mengatakan gejala infeksi salmonella bisa berupa diare, kram perut, demam dalam waktu 12 hingga 72 jam setelah makan makanan yang terkontaminasi.

Jenis makanan lain yang perlu disantap dapat dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *