Jakarta

Mengonsumsi durian memang sangat mengenyangkan bagi pecintanya, namun hati-hati, ada beberapa makanan yang disarankan untuk tidak dimakan bersama durian. Mengapa? Ini sebabnya.

Durian mempunyai aroma dan rasa yang tajam. Kedua karakter ini menjadi favorit penggemar, meski banyak orang yang membenci durian karena hal tersebut.

Durian sendiri merupakan raja buah-buahan asal Asia Tenggara yang memiliki nutrisi seperti buah-buahan lainnya. Durian mengandung serat, karbohidrat, vitamin C, serta antioksidan dari bahan aktif pada buah berwarna putih dan kuning.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Durian sebenarnya tidak mengandung kolesterol melainkan lemak nabati. Yang berbahaya adalah jika raja buah ini sudah difermentasi menjadi alkohol.

durianHindari mengkombinasikan durian dengan beberapa makanan ini. Foto: (Avitia/detikTravel)

Saat menyantap durian, pecinta durian harus berhati-hati karena ada beberapa makanan yang tidak disarankan dimakan bersama durian. Berikut daftarnya:

1. Minuman beralkohol

Durian mempunyai kandungan sulfur yang tinggi. Hal ini akan menghambat enzim yang membantu memecah alkohol dalam tubuh.

Mencampur alkohol dengan durian akan membuat Anda cepat mabuk dan juga memiliki masa mabuk yang lebih lama. Tak hanya itu, Anda pun akan lebih rentan mengalami sakit maag dan gangguan pencernaan.

2. Susu

Minum susu dengan durian disebut-sebut dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Hal ini bisa membuat Anda lebih rentan mengalami sakit kepala.

3. Ia terbang

Leci dan durian sama-sama dianggap makanan “panas”. Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, Anda mungkin berisiko terkena demam, sembelit, atau sakit tenggorokan.

4. Kepiting

Kepiting dikatakan sangat 'dingin' sedangkan durian termasuk dalam kategori 'panas'. Oleh karena itu, mengonsumsi keduanya secara bersamaan akan membuat sistem pencernaan Anda kacau dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut.

Kebun durian depokSama-sama pedas, daging merah sebaiknya tidak dimakan bersama durian. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

5. Daging sapi dan domba

Daging sapi dan domba adalah makanan 'panas'. Oleh karena itu, mengonsumsi daging bersama durian dapat meningkatkan “rasa panas” pada tubuh dan menyebabkan peradangan.

6. Terong

Makanan lain yang dilarang dimakan bersama durian adalah terong. Ini mungkin tampak agak tidak biasa karena terong secara teknis adalah sayuran, namun tetap menghasilkan panas.

Jika dimakan bersama durian lama kelamaan akan menyebabkan tubuh menjadi panas juga. Selain itu, dapat menyebabkan kembung atau naiknya asam lambung.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul “6 Makanan Yang Tidak Bisa Dimakan Dengan Durian”

Menonton video “Nikmati Durian Langsung dari Kebun 14 Hektar di Depok
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *