Jakarta

Vampir terkenal dengan kulinernya yang nikmat. Pilihannya beragam, termasuk masakan tradisional yang mengenyangkan dan cocok dijadikan hidangan utama.

Berwisata ke Pontianak, pecinta kuliner dijamin puas. Ibu kota Kalimantan Barat ini menawarkan berbagai macam makanan yang dipengaruhi oleh masakan Dayak dan Cina.

Makanan Pontianak ini juga terkenal di luar kota seperti Jakarta dan sekitarnya. Buktinya banyak tempat makan khas Pontianak yang laris. Mereka menawarkan mie kepiting dengan saus sate.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mengutip berbagai sumber, berikut 5 makanan tradisional Pontianak yang enak dan mengenyangkan:

1. Bubur pedas

Di Pontianak Anda bisa menemukan bubur unik yang dibuat tidak seperti bubur pada umumnya. Nasinya tidak dimasak sampai empuk, melainkan ditumbuk terlebih dahulu lalu dimasak.

Bubur pedas konon diperkenalkan oleh suku Melayu yang menduduki wilayah Singkawang, Pontianak, dan sekitarnya. Bahan utamanya adalah nasi yang dihaluskan dan daun kesum atau daun laksa. Aroma daunnya harum dan rasanya sangat pedas.

Bubur pedas juga mengandung sayuran, ikan teri, kacang tanah, dan daun bawang. Lebih nikmat lagi jika ditambah perasan jeruk nipis.

2. Saus sate

Lezat dan lezat!  Sate Ayam Sambal Kacang Khas Kalimantan BaratFoto: Detikcom

Pecinta sate ayam bisa mencoba sate saat ke Pontianak. Kuah sate ini berbeda dengan sate ayam biasa karena ada tambahan kuah yang memberikan rasa pedas yang nikmat.

Isian sebagian kuah satenya antara lain potongan ketupat, sate ayam atau daging, timun, sambal kacang, dan kuahnya. Di Pontianak, salah satu sate kuah yang bisa Anda nikmati adalah Sate Uwa'Albantani yang legendaris.

Di sini satenya terasa enak dengan tambahan perasan jeruk nipis. Ribuan tusuk sate dijual setiap hari sejak pagi hari karena biasanya masyarakat menikmati kuah sate untuk sarapan.

3. Mie kepiting

Menyebutkan kelezatan masakan Pontianak tidak bisa lepas dari mie kepiting. Mie ini istimewa karena di atasnya diberi daging kepiting. Tak hanya itu, mie-nya juga berisi kepiting, bakso ikan, dan siomay.

Mie yang digunakan biasanya berukuran kecil dan agak keriting dengan tekstur yang renyah. Mee kepiting merupakan salah satu kuliner Pontianak yang banyak ditemui di ibu kota.

Lebih detailnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *