Jakarta

Kulkas atau freezer kini sudah semakin canggih. Tak hanya untuk menyimpan makanan, tapi juga bisa membantu mencari jodoh dan menjadi tempat bermain di media sosial.

Fungsi kulkas saat ini tidak hanya untuk menyimpan dan mendinginkan makanan saja. Namun Anda juga bisa men-tweet, mencari belahan jiwa, dan bahkan berbagi resep menggunakan teknologi canggih yang tersedia.

Kulkas pertama ditemukan pada tahun 1784, oleh seorang ilmuwan Skotlandia bernama William Cullen. William awalnya menyadari bahwa menyimpan makanan pada suhu dingin dapat mencegah dan mengurangi pertumbuhan bakteri.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Fungsi kulkas ini masih tetap sama sejak ratusan tahun lalu. Namun di zaman modern seperti sekarang, fungsi kulkas tidak hanya sekedar menyimpan dan mendinginkan makanan saja. Ada banyak inovasi lemari es pintar, atau lemari es pintar yang dikemas dengan beberapa fitur canggih.

Salah satu fiturnya adalah mencari pasangan sesuai dengan isi makanan yang ada di lemari es, lalu ada juga lemari es yang menyarankan resep kepada pemiliknya, dan lemari es yang bisa memberi tahu makanan mana yang basi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima lemari es tercanggih yang mencuri perhatian.

1. Kulkas Super Canggih

Bagi yang tidak bisa hidup tanpa internet atau musik, Samsung telah merilis kulkas pintar dengan seri Family Hub yang terdiri dari berbagai ukuran dan fitur-fitur canggih sesuai kebutuhan pengguna.

Dengan desain yang elegan dan cantik, kulkas Family Hub dilengkapi dengan layar LED yang berguna untuk menonton film dan mendengarkan musik. Di dalamnya terdapat 3 kamera untuk mengatur dan merekam makanan di dalamnya.

Kulkas ini juga dilengkapi dengan teknologi SmartThings, dimana dengan kulkas ini pengguna dapat mengontrol peralatan elektronik lainnya. Mulai dari menyalakan lampu, menurunkan suhu pemanas, hingga menjadi interkom untuk melihat siapa saja tamu yang datang ke luar rumah.

2. Kulkas untuk Bermain Media Sosial

kulkas canggihkulkas canggih Foto: Istimewa

Selain Samsung, ada LG yang menjadi pesaing di sektor kulkas pintar. Sama seperti Samsung, LG juga memproduksi berbagai model lemari es dengan teknologi canggih yang didukung akses internet dan koneksi WiFi sehingga menjadikan lemari es ini tampil modern.

Alkisah ada seorang remaja bernama Dorothy yang sedang dihukum oleh ibunya, hingga tidak bisa menggunakan ponselnya. Tak mau kalah, Dorothy mulai menggunakan kulkas LG miliknya untuk mengakses media sosial X.

“Saya tidak tahu apakah Tweet ini akan berhasil, tapi saat ini saya sedang berbicara dengan lemari es saya. Saya harap ibu saya tidak mengambil semua barang elektronik saya,” tulis Dorothy, yang tweetnya dengan cepat menjadi viral, dan LG juga mengonfirmasi bahwa kulkas mereka dapat digunakan untuk mengakses internet dan X.

3. Kulkas Menyarankan Resep

kulkas canggihkulkas canggih Foto: Istimewa

Di tahun 2020, persaingan antara LG dan Samsung semakin ketat. Pada pameran CES 2020, LG dan Samsung sama-sama memperkenalkan lemari es canggih yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Melalui teknologi tersebut, kulkas pintar dapat mengenali jenis makanan yang ada di dalam lemari es, kemudian mengirimkan datanya ke smartphone atau ponsel pengguna. Selain itu, kulkas ini juga dapat menyarankan resep makanan, sesuai dengan isi makanan yang ada di dalam kulkas.

Pengguna juga tidak perlu khawatir dalam mencari ide memasak, karena kedua lemari es ini siap membantu pengguna merencanakan makanan apa yang akan dimasak untuk seminggu ke depan. Bedanya terletak pada kulkas LG yang memiliki teknologi yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mencairkan es, sedangkan kulkas Samsung dilengkapi dengan kamera yang memindai jenis makanan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *