Jakarta

Seorang wanita menganggap menu ikan di restoran Italia mencurigakan. Ia merasa restoran tersebut berbohong kepada pelanggannya, karena tidak ada jenis ikan yang tertera di menu.

Baru-baru ini, banyak pelanggan menemukan penipuan di restoran. Salah satunya adalah menu yang tidak sesuai dengan makanan aslinya.

'Penipuan ikan' semacam ini nampaknya semakin meningkat. Ini adalah penipuan dimana ikan dijual dengan label dan informasi palsu, baik tentang nama maupun asal usulnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Misalnya, seperti yang dicatat oleh Food & Wine, sebuah penelitian pada tahun 2017 menemukan bahwa separuh dari sushi di Los Angeles tidak sesuai dengan yang seharusnya. Sebuah studi tahun 2018 juga menemukan bahwa lebih dari seperempat ikan di supermarket New York diberi label yang salah.

Pelabelan produk ikan yang salah pada akhirnya mengakibatkan restoran yang menjual masakan ikan memberikan penjelasan yang salah. Kesalahan ini dapat merugikan pengunjung.

Bisa jadi di menunya disebutkan jenis ikannya berkualitas dan mahal, namun nyatanya menggunakan jenis ikan biasa. Oleh karena itu, pengunjung perlu lebih berhati-hati saat membeli menu ikan di restoran.

Pasalnya, kejadian 'penipuan ikan' ini pernah dialami oleh seorang pelanggan. Mengunggah video di TikTok @katmeowcue, Kat bercerita bahwa dirinya pernah makan di restoran Italia bersama ibu mertuanya.

Karena ibu mertuanya adalah seorang pescatarian (yang menghindari daging namun tetap makan ikan), Kat akhirnya memperhatikan dengan cermat setiap penjelasan di menu.

Makan di Restoran Italia, Wanita Ini Menemukan Menu Ikan yang DiragukanWanita ini merasa menu ikan yang ditawarkan restoran tersebut tidak sesuai dengan aslinya. Foto: TikTok @katmeowcue

Tampaknya ada sedikit perhatian terhadap pilihan menu ikan yang tersedia. Namun, di restoran Italia West Village ini, dia menemukan sesuatu yang mencurigakan.

“Pilihan pertama di menu makan malam mereka adalah: Salmone Selvaggio,” jelas Kat.

Kat curiga karena di menu office ada tulisan Ora King Salmon tumis. Namun menurut Kat, tidak ada jenis ikan yang disebut Wild Ora King Salmon.

Ora King adalah sejenis salmon yang dibudidayakan di Selandia Baru. Ikan salmon ini juga termasuk jenis yang sangat unik dan bisa dijadikan sajian yang sangat istimewa.

Saya kecewa ketika melihat deskripsi menu ikan di restoran Italia. Menurutnya, hal itu menunjukkan pihak restoran tidak mengetahui apa yang dijualnya. Kat juga menduga restoran tersebut sengaja mengandalkan pelanggan yang tidak mengetahui apa yang dijual restoran tersebut, lapor dailydot.com (23/01).

Berbicara kepada Daily Dot, pelanggan telah mengeluh kepada pihak restoran tentang kesalahan deskripsi menu mereka. Tampaknya kesalahan ini telah diperbaiki oleh pihak restoran.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Makan di Restoran SushiDitemukan banyak restoran dan supermarket yang memberikan informasi atau label yang tidak benar mengenai ikan yang dijual. Foto: thedailyymeal.com

Restoran lain seperti Palma Restaurant di New York juga sepertinya sudah menulis secara detail tentang jenis ikan yang mereka gunakan. Mereka tidak hanya menulis tentang ikan Salome, tetapi juga menyatakan bahwa ikan Salome bukanlah ikan liar, melainkan dipelihara secara berkelanjutan.

Kolom komentar unggahan video Kat menarik perhatian banyak orang. Kejadian serupa juga dialami sebagian besar netizen.

Seperti yang dikatakan oleh netizen ini, “Ibuku memesan sol di sebuah restoran dan hampir membalikkan meja ketika mereka malah membawa ikan nila, seolah-olah itu adalah ikan sol.”

Netizen lainnya juga mengungkapkan, “Kalian akan sangat terkejut melihat betapa seringnya swai disajikan sebagai ikan yang sangat mahal.”

Menonton video “Sangat unik! Warung-warung ini menggunakan tali dan ember untuk mengantarkan makanan
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *