Jakarta

Di Pontianak terdapat kedai kopi legendaris dengan penjual kopi yang unik dan nikmat. Karenanya, kedai kopi ini kerap dikunjungi tokoh-tokoh penting seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Pontianak terkenal dengan kulinernya yang lezat, seperti choi pan, kwetiau, sate kuah, dan kaloci. Selain itu, ibu kota Kalimantan Barat ini juga terkenal dengan kopinya.

Budaya ngopi di Pontianak cukup unik. Jika Anda mampir ke kota ini, Anda bisa menemukan beberapa kedai kopi legendaris yang memiliki jenis kopi spesial dan atraksi kopi yang unik. Salah satunya adalah Warung Kopi Asiang.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Legenda kedai kopi ini karena sudah berdiri sejak tahun 1958. Kedai kopi ini terkenal karena penjualnya orang Asia bertelanjang dada saat memesan kopi pelanggan.

Di kedai kopi ini, pelanggan bisa mencoba kopi hitam pekatnya. Mereka juga menawarkan es kopi susu. Biasanya pelanggan menikmati kopi dengan pisang goreng, kue tar susu, atau kue bolu Singkawang.

Penjual bertelanjang dada yang bersimbah keringat menjadi salah satu daya tarik kedai kopi berusia 66 tahun ini. Tidak jarang pelanggan datang tidak hanya untuk mencicipi kopinya, tapi juga menikmati pengalaman dan melihat orang Asia sambil menyeduh kopi.

Meski sudah berdiri lebih dari 50 tahun, Warung Kopi Asiang masih tetap eksis hingga saat ini. Bisnis turun temurun ini tak hanya menarik perhatian masyarakat awam, tapi juga tokoh-tokoh penting di Indonesia.

Setiap kali ada orang penting yang berkunjung ke kota khatulistiwa ini, pasti menyempatkan diri untuk mampir ke Warung Kopi Asiang. Beberapa tokoh seperti Jokowi, Kaesang, Anies, dan Ganjar pernah terlihat di kedai kopi ini.

Inilah 5 Tokoh Indonesia yang Mampir ke Kedai Kopi Legendaris Asiang di Pontianak:

1.Jokowi

Kedai Kopi Asiag PontianakJokowi pernah mampir ke Warung Kopi Asiang Pontianak bersama timnya. Foto: detikfood

Pada tahun 2017, Presiden Jokowi mengunjungi Warung Kopi Asiang. Presiden dua periode itu datang bersama rombongan.

Mengetahui hal itu, sang pemilik, Liam Wong atau kerap disapa Asiang kaget dan tak menyangka kedai kopi miliknya akan dikunjungi Presiden Indonesia. Pastinya pemilik warung ini sangat berterima kasih.

Maklum, Jokowi datang memesan kopi saring dan kopi susu. Untuk makanannya, Jokowi memesan roti srikaya yang menurutnya enak.

Kedatangan Jokowi ke kedai kopi ini bukan sekedar untuk menikmati kopi, melainkan bersantai dan silaturahmi dengan Ketua DPD dan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (OSO).

2.Anies Baswedan

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mampir ke Asiang Coffee Shop PontianakAnies Baswedan mampir ke kedai kopi Asiang dan mencicipi kopi susu yang tak begitu manis. Foto: Instagram @wk.asiang

Tak lama berselang, Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 1, juga sempat mampir ke Warung Kopi Asiang. Ia mampir saat kunjungan kampanye di Pontianak.

Kedatangan Anies disambut hangat pengunjung. Pengunjung tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto bersama Anies. Pemilik kedai kopi ini pun sempat berfoto bersama Anies Baswedan.

Di kedai kopi legendaris tersebut, Anies Baswedan terkenal memesan secangkir kopi dengan susu yang tidak terlalu manis. Selain menikmati kopi, calon Presiden RI itu juga menghabiskan waktu ngobrol santai bersama para pembeli.

3. Pahala Pranowo

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mampir ke Asiang Coffee Shop PontianakBeginilah penampakan Ganjar Pranowo saat melihat pemilik kedai kopi menyiapkan pesanannya. Foto: Instagram @wk.asiang

Calon presiden nomor urut 3 pun mengunjungi kedai kopi legendaris di Pontianak. Ganjar Pranowo mampir pada Minggu, 26 November 2023 bersama puluhan anak muda.

Sebelum berbincang dengan anak-anak Gen Z, Ganjar melihat terlebih dahulu proses pembuatan kopi di kedai ini. Tentu saja Asiang menunjukkan kepiawaiannya dalam membuat kopi. Seperti biasa, Asiang juga menyeduh kopi dengan gaya bertelanjang dada hanya dengan mengenakan celana pendek.

Pada momen kunjungannya, calon presiden disuguhi kopi susu spesial Warung Kopi Asiang dengan pisang goreng dan selai srikaya. Nikmati kopi dan pisang goreng srikaya sambil melakukan sesi tanya jawab bersama Gen Z.

Karakter lain yang mampir ke kedai kopi legendaris Pontianak ini bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Sangat unik! Warung-warung ini menggunakan tali dan ember untuk mengantarkan makanan
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *