Jakarta

Jika Anda sedang mencari kuliner Pontianak di Jakarta, cobalah datang ke Pasar Modern Paramount Gading Serpong. Kuliner Pontianak di sini lengkap mulai dari KCKT hingga Kek Cha Ko.

Pontianak merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang terkenal dengan kulinernya. Masakan di Pontianak beragam karena Pontianak merupakan kota dengan etnis masyarakat yang beragam.

Kuliner Pontianak sebenarnya bisa dicoba di Jakarta, salah satunya di kawasan Pasar Modern Paramount Gading Serpong. Di luar pasar terdapat tenda makanan yang menjual masakan khas Pontianak. Bahkan, 70 persennya diisi oleh pedagang makanan Pontianak.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Detikers yang baru pertama kali mampir ke pasar modern Paramount Gading Serpong dan ingin mencicipi makanan khas Pontianak, bisa mencoba 5 makanan ini. Berikut rekomendasinya!

1. Kue Cha Ko 2 Puan Besar

Kuliner Vampire Pasmod Paramount GSSeperti inilah penampakan kue cha ko yang ditawarkan Choipan hot 2 Nyonya Besar di Pasmod Paramount GS Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Kue cha ko atau disebut juga kue wortel merupakan makanan olahan yang terbuat dari tepung beras dan daun bawang, kemudian dibentuk kotak.

Campuran tepung beras ditambah bumbu seperti kecap, bawang putih dan tambahan daun bawang. Dimasak di atas wajan hingga tercium aroma harumnya.

Jajanan khas Pontianak ini juga bisa didapatkan di gerai Hot Choipan 2 Nyonya Besar. Mereka memang menjual choipan, tapi mereka juga punya kuih cha ko di menunya.

Cha ko, kue di sini hanya matang jika ada yang memesannya. Jadi bisa dinikmati selagi masih panas. Porsinya besar dan bisa langsung disantap atau dibawa pulang.

Rasanya sebagian besar manis seperti kecap, namun ada sedikit rasa pedas. Campuran tepung berasnya juga kenyal dan mudah dikunyah. Kucai membuat kue wortel ini renyah.

Kuliner Vampire Pasmod Paramount GSWarung ini juga menawarkan udang Pontianak dan bakwan ebi. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Gerai ini juga menawarkan masakan Pontianak seperti bakwan goreng dengan dua variasi, ebi dan udang. Kami juga memesan bakwan udang goreng yang disajikan dalam potongan.

Bakwan gorengnya sudah tidak renyah lagi namun rasa udangnya cukup kuat. Campuran di dalamnya juga kenyal dan semakin gurih jika disantap dengan sambal.

2. KCKT Tiammie Koch

Kuliner Vampire Pasmod Paramount GSKCKT atau kwetiau khas Pontianak juga bisa didapatkan di Pasmod Paramount GS. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Jika Anda ingin mencoba kwetiau khas Pontianak yang sederhana namun lezat, Anda bisa mampir ke warung ini. Gerai ini milik warga asli Pontianak yang sudah kurang lebih 7 tahun berjualan di pasar modern Paramount.

KCKT adalah singkatan dari keng ci kwe tiau. Terdiri dari mie yang dimasak dengan sayuran dan dimasak menggunakan arang. Tidak ada tambahan topping seperti bakso, daging atau ayam. Tambahkan saja telur.

Di Pontianak, KCKT populer karena harganya yang ekonomis. Satu bagiannya hanya seharga Rp 20.000. Kalau mau tambah telur bisa bayar ekstra Rp 5 ribu.

Jika ingin lebih mengenyangkan, Anda bisa memesan nasi telur yang sedang populer di Pontianak saat ini. Porsi nasi dengan bagian atas telur yang cerah ini hanya dilengkapi dengan ebi dan kecap.

Kuliner Vampire Pasmod Paramount GSGerai ini juga menawarkan masakan Pontianak lainnya, seperti nasi telur dan sop sate. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Toko ini juga menawarkan kuah sate khas Pontianak. Sate kecap terdiri dari potongan daging ayam atau sapi yang disajikan dengan saus kacang dan ditaburi sausnya.

Mereka juga punya jajanan khas Pontianak yang bernama kaloci. Bentuk dan teksturnya mirip dengan mochi, namun terbuat dari tepung beras dan tepung ketan. Dipadukan dengan kacang tanah dan gula. Harga mulai dari Rp 10.000 saja.

3. Choi Pan Singkawang

Kuliner Vampire Pasmod Paramount GSSelain kuliner Pontianak, di sini Anda juga bisa menemukan choipan khas Singkawang. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Di bagian ruko pasar modern Paramount, Anda juga bisa menemukan toko choi pan khas Singkawang. Di sini ada tiga jenis choipan yaitu bengkuang, kucai, dan rebung.

Ciri khas choip adalah kulitnya yang tipis dengan isian yang padat. Lebih enak lagi karena ditaburi minyak goreng bawang putih. Enak dimakan sendiri, namun untuk menambah rasa manis dan pedas bisa ditambahkan sambal.

Harga Chopian mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 80.000 tergantung banyaknya choipan yang dipesan.

Di sini juga tersedia mie asin khas Singkawang dan es jeruk asam sonkit yang menyegarkan.

Saran kuliner Pontianak di pasar modern Paramount Gading Serpong bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Hanya di sini, makan Nasi Padang sebanyak-banyaknya gratis!
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *