Jakarta

Otak adalah camilan yang populer. Namun siapa sangka jajanan berbahan dasar ikan olahan ini ternyata ditakuti banyak orang.

Otak-otak merupakan makanan ringan yang terbuat dari daging ikan yang ditumbuk dan dicampur dengan bumbu. Ada yang dibuat pedas dengan campuran cabai merah dan ada pula yang tidak. Selain daun pisang, otak-otak juga bisa dibungkus dengan daun kelapa atau lontar.

Jajanan ini cukup populer di berbagai kota di Indonesia. Banyak yang menjual otak-otak dari gerobak pinggir jalan, di toko oleh-oleh dan juga sebagai menu jajanan sambil menunggu makanan sampai di restoran.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Meski rasanya enak dan nikmat, banyak orang yang menolak menyantap otak-otak jika dihidangkan di restoran. Topik ini ramai diperbincangkan di media sosial X, melalui akun @convomf (26/01).

“Kalaupun disajikan di atas meja, tidak semua orang berani langsung memetik (memakannya) sebelum bertanya berapa harganya,” tulis pengguna X anonim lengkap dengan gambar otak-otak dan sambal kacang.

Tweet tersebut langsung dilihat 1,1 juta kali di X dan mendapat lebih dari 900 komentar.

Otak adalah makanan yang menakutkan di restoran bagi banyak orang karena hal iniOtak menjadi makanan yang menakutkan di restoran bagi banyak orang karena hal ini Foto: Ilustrasi/Halaman

Ternyata alasan masyarakat takut menyantap otak-otak yang disajikan di restoran adalah karena takut dengan harga otak-otak yang seringkali mahal.

Otak-otak yang disajikan di restoran atau tempat makan seringkali dianggap jebakan karena tidak tercantum harga untuk setiap bijinya. Banyak netizen yang kaget saat melihat harga otak yang mereka makan di restoran.

“Wah aku gitu, karena dulu makan otak, ternyata harga per unitnya Rp 20 ribu. Aku makan 10 potong (Rp 200.000), belum kenyang tapi kehabisan uang,” kata @ melompat**.

“WKWKWK, baru beberapa minggu, niatnya mau traktir keluarga besar di hari gajian. Eh, restonya menyajikan otak-otak meski tidak pesan, jadi makan beberapa piring saja. harganya mencapai Rp 1 jutaan,” komentar @miy**.

Otak adalah makanan yang menakutkan di restoran bagi banyak orang karena hal iniOtak menjadi makanan yang menakutkan di restoran bagi banyak orang karena hal ini Foto: Ilustrasi/Halaman

“Ya Allah inget nunggu makan, bapak dan ibu hidangkan otak, saya kira gratis, jadi saya habiskan tiga piring. Saat saya bayar, ternyata otaknya hanya Rp 200.000,” tulis @ cantik**.

Harga otak-otak cukup mahal dibandingkan jajanan lainnya. Sebab otak-otaknya diolah menggunakan ikan yang harganya tidak murah.

Misalnya saja di kawasan Gading Serpong, ada restoran bernama Narie's Eatery yang terkenal dengan otak-otak premiumnya. Meski harganya tidak murah, otak-otak ini laris manis bahkan menjadi langganan SBY dan Megawati.

Menonton video “Cobalah Ase Otak-otak khas Bangka Belitung di Gading Serpong
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *