Jakarta

Jagung merupakan salah satu jenis sayuran yang umum dimakan oleh masyarakat Indonesia. Jagung biasanya digunakan dalam berbagai masakan, seperti sayur sop hingga sayur asam.

Jagung juga biasa digunakan sebagai sayuran dalam masakan steak atau ayam. Selain jagung, steaknya juga ditemani beberapa sayuran lain seperti wortel, buncis, dan brokoli rebus agar menyehatkan.

Selain direbus, jagung juga bisa dimakan dengan cara dibakar. Biasanya jagung bakar disantap saat cuaca dingin atau menyambut hari-hari tertentu seperti malam tahun baru.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sebelum mengolah jagung menjadi makanan, perlu Anda ketahui bahwa merebus jagung tidak boleh dilakukan sembarangan. Merebus terlalu cepat akan membuat jagung menjadi keras, namun terlalu lama akan membuat teksturnya lembek.

Jadi, berapa menit yang dibutuhkan untuk merebus jagung? Simak penjelasannya pada artikel ini.

Berapa menit untuk memasak jagung?

Dilansir Healthline, umumnya dibutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk merebus jagung hingga matang. Namun waktu merebus jagung juga tergantung jenisnya.

Sebab, banyak sekali jenis jagung yang dijual di pasaran, mulai dari jagung beku, jagung segar, dan jagung rebus. Ketiga jenis jagung tersebut mempunyai waktu yang berbeda-beda saat direbus.

Jagung kupas bisa direbus hanya dalam 2-5 menit. Sedangkan untuk jagung kupas waktu perebusannya sekitar 4-5 menit dengan api sedang atau kecil.

Berbeda dengan jagung tanpa kulit, waktu perebusannya bisa sekitar 10 menit dengan api sedang. Prosesnya sengaja dibuat lebih lama agar jagung benar-benar matang.

Oh iya, setelah dikeluarkan dari loyang, jangan langsung dikupas kulitnya karena masih panas. Tunggu beberapa detik hingga jagung mulai dingin, baru Anda bisa mengupas kulitnya.

Perlu diingat, semakin manis dan segar jagung, maka waktu yang dibutuhkan untuk merebusnya pun semakin singkat, yaitu hanya 2 menit saja. Soalnya, jagung manis memiliki kandungan air yang lebih tinggi sehingga cepat matang.

Makanan yang Disarankan untuk Jagung Rebus

Untuk menikmati nikmatnya jagung rebus, bisa diolah menjadi jasuke atau jagung susu keju. Jajanan ini sangat populer dan disukai banyak orang.

Selain rasanya yang manis, jasuke juga menyehatkan. Pasalnya jagung rebus mengandung karbohidrat, serat dan protein yang baik untuk tubuh.

Bahan yang digunakan juga mudah didapat dan proses pembuatannya juga cepat. Mau tahu bagaimana resep Jasuke? Periksa di bawah:

Bahan-bahan:

  • 2 buah jagung manis segar
  • 150 ml susu kental manis
  • 2 sdm mentega/margarin
  • 150 gram keju cheddar, parut

Metode memasak:

  1. Kupas jagung lalu sisir jagung hingga keluar bijinya.
  2. Rebus air secukupnya dalam panci, rebus jagung manis hingga empuk. Angkat dan tiriskan.
  3. Selagi jagung masih panas, aduk jagung manis dengan mentega dan susu kental manis hingga mentega meleleh dan menyatu dengan biji jagung.
  4. Sendokkan adonan jagung manis, masukkan ke dalam wadah, taburi keju cheddar parut.
  5. Sajikan segera.

Jika Anda suka makan jagung rebus langsung, tidak masalah. Namun agar lebih gurih, Anda bisa mengolesinya dengan margarin atau sedikit merica untuk menambah cita rasa di lidah.

Itulah penjelasan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merebus jagung dan saran cara penyajiannya. Jadi, apakah Anda tertarik mengonsumsi jagung rebus?

Menonton video “Bikin Lapar: Cobain Jagung Goreng, Rasanya Unik di Lidah
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *