Jakarta

Ganjar Pranowo mengatakan seni kuliner bisa menjadi alat diplomasi. Banyak tempat makan yang ia kunjungi saat berkampanye di berbagai kota di Indonesia.

Diplomasi kuliner bukanlah hal baru dalam politik. Banyak politisi yang memanfaatkan kuliner sebagai alat diplomasi dan mendekatkan diri dengan masyarakat dari berbagai kalangan.

Salah satunya Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3 yang kerap mengunjungi berbagai tempat makan legendaris. Ia juga mengunjungi pembuat makanan tradisional dan mencicipi berbagai makanan khas daerah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Bahkan sebelum berkunjung ke suatu daerah, Ganjar kerap bertanya kepada netizen di X terlebih dahulu tentang kuliner apa saja yang patut dicoba di kota tersebut.

Berikut lima tempat makan di berbagai kota yang dikunjungi Ganjar Pranowo (27/01).

1. Nasi Bali buatan Weti

Ganjar Pranowo 5 Tempat Makan Saat Diplomasi Kuliner5 Tempat Makan Ganjar Pranowo Saat Diplomasi Kuliner Foto: @ganjarpranowo

Saat ke Bali pada November 2023, Ganjar Pranowo mampir untuk sarapan di Nasi Bali Made Wati yang terletak di pinggir pantai Sanur, Bali. Melalui akun TikTok @ganjarpranowo, ia mengatakan bahwa warung nasi khas Bali ini sudah lama menjadi pelanggan tetapnya.

“Kalau ke Bali selalu kesini, makan di Warung Men Weti. Masakan Bali top banget,” pujinya. Lauk pauk yang disantapnya antara lain telur rebus, kulit ayam goreng, kacang goreng, ikan bambu, dan gorengan yang enak.

Nasi Bali Made Weti sendiri terkenal sebagai warung nasi murah meriah yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Kisaran harganya juga masuk akal, dengan nasi yang mulai dari Rp 20.000 saja.

2. Nasi Lengko Ibu Tiri

Ganjar Pranowo 5 Tempat Makan Saat Diplomasi Kuliner5 Tempat Makan Ganjar Pranowo Saat Diplomasi Kuliner Foto: @ganjarpranowo

Ganjar merupakan salah satu politisi yang tertarik dengan kuliner sebelum mencalonkan diri sebagai presiden. Akhir Desember 2023, Ganjar Pranowo mampir ke Indramayu, Jawa Barat. Disana beliau singgah di Warung Lengko Ibu Tiri.

Nasi lengko merupakan makanan khas Cirebon yang sayang untuk dilewatkan. Masakan Nasi Lengko khas Ibu Tiri memang melegenda di Indramayu, terletak di Jalan Veteran, Lemahabang.

Bersama pengunjung lainnya, Ganjar menyantap sarapan nasi Lengko ditemani segelas teh hangat dengan tambahan kerupuk. Seporsi nasi lengko ibu tiri harganya sekitar Rp 15.000.

3. Bakpia Pathok 25

Ganjar Pranowo 5 Tempat Makan Saat Diplomasi Kuliner5 Tempat Makan Ganjar Pranowo Saat Diplomasi Kuliner Foto: @ganjarpranowo

Selama masa kampanyenya, Ganjar Pranowo disibukkan dengan kunjungan ke berbagai kota di Indonesia. Baru-baru ini ia berkunjung ke Yogyakarta dan mampir ke pabrik terkenal Bakpia Pathok 25.

“Gak enak ke Jogja kalau ketinggalan yang satu ini. Bakpia Pathok. Anane gur ning Jogja tok,” tulisnya di akun X. Ia pun membagikan empat foto keseruannya saat mampir ke sebuah pabrik pembuatan bakpia tradisional.

Usai membeli beberapa kotak Bakpia Pathok 25 sebagai oleh-oleh, Ganjar sempat menikmati nasi kotak bersama warga di pinggir jalan.

Menonton video “Reward Pembuatan Kue Maksuba Bersama Pelaku UKM Palembang
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *