Jakarta

Pecinta makanan bergabunglah! Festival seru bertajuk 'Celebrating Indonesian Gastronomy' akan berlangsung pada awal Februari di Taman Ismail Marzuki (TIM). Dalam festival ini ada 8 kegiatan utama yang menarik!

Keanekaragaman kuliner Indonesia terancam punah karena dokumentasi yang tidak terpelihara dengan baik. Kebanyakan dari mereka yang menguasai resep tradisional tidak memiliki atau mencatat informasi yang cukup mengenai resep tersebut.

Seiring berjalannya waktu, banyak juga pembuat resep tradisional yang meninggal sehingga menyebabkan informasi tentang resep yang mereka kuasai pun hilang. Akibatnya, satu per satu resep tradisional semakin punah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Penemuan tersebut dijelaskan Meilati Batubara selaku ketua tim Pusaka Rasa Nusantara (PRN) di Gastronomi Nusa Indonesia, Kemang (26/1/2024). PRN merupakan proyek yang dilakukan oleh Yayasan Gastronomi Nusa Indonesia untuk menyatukan kekayaan sejarah masakan Indonesia agar tidak hilang.

Salah satu cara kreatif yang kemudian diterapkan PRN untuk melestarikan dan menyebarkan informasi tentang keragaman budaya kuliner tradisional adalah dengan membuat festival. Bertajuk 'Celebrating Indonesian Gastronomy', festival ini berlangsung pada 2-11 Februari 2024 di TIM, Menteng, Jakarta Pusat.

'Merayakan Gastronomi Indonesia', Cara Kreatif Melestarikan Keanekaragaman Masakan TradisionalKonferensi 'Merayakan Gastronomi Indonesia', Meilati Batubara (kedua dari kiri), Emily Yasmin Norris (tengah), dan Amanda Katili (paling kanan). Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Dalam jumpa persnya, Meilati Batubara mengatakan “Saat ini kita sedang menghadapi krisis kepunahan resep dan budaya gastronomi nenek moyang kita, penting bagi semua orang untuk terlibat dan berpartisipasi.”

'Celebrating Indonesian Gastronomi' hadir dengan 8 kegiatan menarik. Mulai dari pop-up gastronomi museum, makan malam komunal tradisional, talk show memasak, bazar makanan, workshop memasak, demo masak Indonesia, kuliner dan seni, hingga diskusi film memasak.

Akan ada pula 5 kuliner tradisional yang dipamerkan. Kelimanya adalah Masakan Hutan Papua, Masakan Khas Keraton Buton, Masakan Khas Kutai Kartanegara, Masakan Khas Pulau Samosir, dan Masakan Khas Gorontalo.

Festival 'Merayakan Gastronomi Indonesia' ini gratis dan terbuka untuk umum. Mereka yang ahli di bidang kuliner tentu bisa menambah ilmu di sini.

Pembicara dan narasumber 'Celebrating Indonesian Gastronomy' berasal dari berbagai kalangan, seperti pemerintah, aktivis, budayawan, chef, bahkan selebriti tanah air.

Ibu Amanda Katili selaku Pembina Yayasan Gastronomi Nusa Indonesia menilai 'Merayakan Gastronomi Indonesia' merupakan sebuah inisiatif dan momentum penting untuk menjaga keberagaman budaya masakan tradisional.

“Kekayaan yang sudah kita miliki sejak lama merupakan warisan yang harus kita jaga dan wariskan kepada generasi selanjutnya. Kita tidak akan menyia-nyiakannya begitu saja,” jelasnya.

'Merayakan Gastronomi Indonesia', Cara Kreatif Melestarikan Keanekaragaman Masakan TradisionalKeberagaman budaya kuliner tradisional patut dilestarikan. Foto: Pusa Rasa Nusantara

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut Emily Yasmin Norris selaku Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia. PRN yang dilakukan oleh Yayasan Gastronomi Nusa Indonesia mendapat dukungan dari Pemerintah Amerika Serikat melalui program Ambassadors Fund for Cultural Preservation (AFCP) dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Emily menegaskan, PRN merupakan proyek pertama dalam 20 tahun sejarah AFCP yang berfokus pada pelestarian warisan kuliner dan tradisi kuliner. Ia mengatakan ada nilai penting dalam kerja sama kedua pihak.

“Antara Indonesia dan Amerika, keberagaman menjadi salah satu identitas kita. Keberagaman budaya, bahasa, dan masakan,” ujarnya.

'Merayakan Gastronomi Indonesia', Cara Kreatif Melestarikan Keanekaragaman Masakan Tradisional'Merayakan Gastronomi Indonesia' berlangsung 2-11 Februari 2024. Foto: Pusaka Rasa Nusantara

Emily mengatakan, “Tahun ini merupakan tahun ke-75 hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat sehingga proyek ini merupakan sesuatu yang penting. Program ini menghubungkan kedua belah pihak, masyarakat. Ada pertukaran resep dan tradisi yang menjadi salah satu cara untuk menghubungkan negara-negara di dunia. masyarakat. .”

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai 'Merayakan Gastronomi Indonesia', Anda dapat melihat Instagram @pusakarasaa. Akan ada jadwal kegiatan seru yang akan berlangsung selama festival berlangsung. Setiap harinya acaranya berbeda-beda, dijamin gak akan bosan!

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *