Jakarta

Selain membuat tubuh terasa lebih segar dan tidak mudah mengantuk, kopi memiliki beberapa manfaat bagi tubuh jika diminum di pagi hari. Inilah yang dikatakan para ahli.

Daya tarik kopi terletak pada aroma dan rasanya yang menggoda. Selain itu, kopi juga mengandung kafein yang bisa membuat pecintanya ketagihan meminumnya.

Tak heran setiap hari jutaan orang di berbagai negara meminum kopi di pagi hari. Selama beberapa tahun terakhir, banyak penelitian bermunculan mengenai efek minum kopi. Ada yang membahas tentang manfaat minum kopi serta dampak dan efek sampingnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Meski konsumsi kopi kerap menuai pro dan kontra, namun ada beberapa manfaat kopi yang tak perlu diragukan lagi. Seperti membantu menjaga berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan mood.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima manfaat minum kopi di pagi hari bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kecerdasan

Catatan!  Inilah 5 manfaat minum kopi di pagi hariCatatan! Inilah 5 Manfaat Kebiasaan ngopi di Pagi Hari Foto: iStock Ilustrasi

Konsumsi kopi dapat membuat seseorang menjadi lebih berenergi. Pasalnya, kandungan kafein pada kopi langsung meresap ke aliran darah dan mencapai otak.

Kandungan kafein juga meningkatkan beberapa fungsi otak, seperti daya ingat, kewaspadaan, dan kesehatan mental secara umum. Sebuah studi tahun 2020 mengungkapkan bahwa orang yang diberi pil kafein 200 mg (setara dengan secangkir kopi) mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah.

Para peneliti menemukan bahwa konsentrasi, ketepatan, dan waktu penyelesaian masalah seseorang meningkat setelah minum kopi. Namun, tidak ditemukan kaitan dengan pemikiran kreatif. Penelitian yang sama pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa menghirup kopi saja dapat membantu kemampuan matematika seseorang.

2. Mencegah Depresi

Catatan!  Inilah 5 manfaat minum kopi di pagi hariCatatan! Inilah 5 Manfaat Kebiasaan ngopi di Pagi Hari Foto: iStock Ilustrasi

Depresi dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Sebuah penelitian di Harvard pada tahun 2011 mengungkapkan manfaat minum kopi di pagi hari bagi wanita yang minum 4 cangkir atau lebih per hari, yaitu mengurangi risiko depresi sebesar 20%.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa 208 ribu partisipan yang mengonsumsi 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki kemungkinan 53% lebih kecil untuk melakukan bunuh diri.

Jangan lupa konsumsi kopi dikatakan dapat meningkatkan mood. Pasalnya kafein yang terkandung dalam kopi mempunyai hubungan langsung dengan otak.

3. Membakar Lemak

Makanan yang dapat membantu membakar lemakMinuman yang bisa membantu membakar lemak Foto: Getty Images

Kafein dikenal sebagai pembakar lemak alami. Penelitian menunjukkan bahwa kafein meningkatkan pembakaran lemak pada orang gemuk sebesar 10% dan orang kurus sebesar 29%. Dalam penelitian lain, kafein ditemukan meningkatkan laju metabolisme sebesar 3 hingga 11%.

Kafein pada kopi juga akan menekan nafsu makan sehingga keinginan makan pun berkurang. Jika memang ingin menurunkan berat badan, tambahkan kopi hitam sebagai menu minuman sehari-hari.

Namun ingat, kopi yang diminum tidak boleh ditambah dengan pemanis berbahaya seperti gula, sirup atau krimer karena justru akan memicu penyakit berbahaya. Disarankan bagi yang ingin diet atau menurunkan berat badan hanya mengonsumsi kopi hitam saja.

Menonton video “Kedai Kopi M. Aboe Talib Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *