Jakarta

Rice cooker buatan Jepang ini bisa bekerja tanpa listrik dan hanya menggunakan koran. Oleh karena itu benda ini sangat berguna ketika terjadi gempa.

Jepang sering mengalami bencana gempa bumi karena negara ini terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik. Situasi ini memicu banyak gempa bumi di negara tersebut.

Tak heran jika banyak bangunan di Jepang yang didesain tahan gempa dan berbeda dengan negara lain. Ternyata tidak hanya bangunannya yang dirancang tahan gempa, beberapa peralatan memasak yang menggunakan bahan bakar tradisional seperti kertas dan koran juga berguna saat terjadi gempa.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Laporan dari OddityCentral (26/01), di Jepang ada merk rice cooker bernama The Tiger KMD-A100 atau Tiger Kamado yang berfungsi tanpa listrik.

Rice cooker ini mampu memasak nasi yang lembut dan lezat hanya dengan menggunakan koran dan kertas sebagai bahan bakarnya. Meski pada awal kemunculan rice cooker ini banyak yang mengejeknya, namun saat gempa melanda kawasan Noto, rice cooker ini justru menjadi alat memasak yang efektif dan sangat berguna.

Dingin!  Penanak Nasi Menggunakan Bahan Bakar Koran Sangat Berguna Saat Terjadi GempaDingin! Penanak Nasi Menggunakan Bahan Bakar Koran Sangat Bermanfaat Saat Gempa Foto: Laman Berita

Pengalaman ini dibagikan salah satu pengguna X yang memuji kerja rice cooker Tiger Kamado. Awalnya dia membeli penanak nasi di musim panas dan dimarahi oleh keluarganya karena mengira dia membeli sesuatu yang tidak berguna.

Namun siapa sangka saat terjadi gempa, rice cooker ini justru menjadi tempat menanak nasi dan menjaganya tetap hangat saat tidak ada gas atau listrik.

“Keluarga saya memarahi saya saat membeli rice cooker ini. Namun saya tertarik membelinya setelah membaca bahwa rice cooker ini bisa menanak nasi hanya dengan bahan bakar seperti koran dan kertas,” jelasnya.

Menurut pengguna X, keluarganya adalah satu dari 20.000 orang yang rumahnya tidak mendapat listrik saat gempa terjadi. Jadi produk Tiger Kamado ini sangat membantu mereka.

Dingin!  Penanak Nasi Menggunakan Bahan Bakar Koran Sangat Berguna Saat Terjadi GempaDingin! Penanak Nasi Menggunakan Bahan Bakar Koran Sangat Bermanfaat Saat Gempa Foto: Laman Berita

Di sinilah banyak orang membeli produk Tiger Kamado untuk diolah di rumah. Penanak nasi ini berukuran kecil dan tidak sebesar penanak nasi listrik, namun cukup untuk memasak 1-5 cangkir nasi.

Bagian luar rice cooker ini terbuat dari panci berbahan logam dan ruang bakar dengan dua lubang besar di bawah panci. Jadi cara menggunakannya cukup menaruh beberapa lembar koran atau kertas apa saja di atas api yang menyala. Kemudian masukkan kertas atau koran setiap 5-10 menit selama proses memasak.

Nanti nasinya dimasak perlahan seperti proses memasaknya menggunakan tungku api dan kayu bakar. Selain sebagai alat memasak darurat saat terjadi gempa, rice cooker non-listrik ini juga berguna untuk acara outdoor. Seperti acara camping dan lain sebagainya.

Harga rice cooker ini memang lebih mahal dibandingkan kisaran rice cooker yang ada di Indonesia yaitu 19.800 yen (Rp 2,1 juta). Namun sepadan dengan kualitas dan kegunaan Tiger Kamado ini.

Menonton video “Nikmati Choi Pan Singkawang Buatan Mantan Chef di Australia
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *