Jakarta

Jepang terkenal dengan rangkaian teh berkualitasnya. Selain teh hijau, ada juga teh herbal yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ini daftarnya!

Menikmati teh telah menjadi budaya selama berabad-abad di Jepang. Masyarakat Jepang bahkan menganggap teh sebagai minuman suci yang bisa dinikmati dengan upacara khusus.

Jenis teh yang paling populer adalah teh hijau. Teh ini terbagi menjadi banyak jenis, tergantung dari bahan dan cara pembuatannya. Teh hijau dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk tubuh.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Salah satu yang menonjol adalah antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Lalu ada juga teh herbal yang terbuat dari tanaman mugwort dan acar buah plum untuk dimakan. Manfaatnya juga baik untuk sistem imun tubuh.

Mengumpulkan usia India (30/1/2024) dan beberapa sumber lainnya, berikut 5 teh herbal Jepang untuk meningkatkan imunitas tubuh:

1.Hojicha

5 Teh Herbal Jepang Ini Ampuh Meningkatkan Imunitas TubuhFoto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

Hojicha adalah salah satu jenis teh Jepang paling populer di dunia. Hojicha terbuat dari daun teh hijau yang dipanggang hingga menjadi hitam.

Saat diseduh, hojicha berwarna coklat tua. Rasanya lebih kuat dibandingkan teh hijau pada umumnya. Berkat proses pemanggangan yang lama, hojicha juga tidak lagi berbau herba, melainkan lebih mirip kopi, coklat, atau karamel.

Mengonsumsi hojicha dapat mendukung kesehatan kekebalan tubuh dan membuat Anda rileks. Untuk menyeduh daun teh ini disarankan menggunakan air dengan suhu sekitar 79,4 – 85 derajat Celcius. Waktu penyeduhan sebaiknya sekitar 30 hingga 90 detik untuk menghasilkan teh yang tidak terlalu pahit.

2. Teh Yomogi

5 Teh Herbal Jepang Ini Ampuh Meningkatkan Imunitas TubuhFoto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

Teh Yomogi merupakan teh herbal unik dari Jepang. Bahan utamanya adalah yomogi yaitu tanaman mugwort. Tanaman ini diketahui mengandung vitamin C, E dan antioksidan. Tak heran jika mugwort banyak digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

Mugwort juga digunakan oleh orang Jepang sebagai bahan pembuatan teh. Namanya teh yomogi, yang terkenal dengan sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsinya secara rutin dapat membuat tubuh menjadi sehat secara keseluruhan.

Mengutip situs Yunomi, teh mugwort dapat dibuat dengan menyeduh daun kering tanaman mugwort. Teh bebas kafein ini dapat diseduh dengan perbandingan 3 gram daun mugwort kering dengan 200 ml air panas bersuhu 90 derajat Celcius. Biarkan selama 2-3 menit. Nikmati hangat.

3. Berhenti

5 Teh Herbal Jepang Ini Ampuh Meningkatkan Imunitas TubuhFoto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

Jika hojicha itu biasa, bagaimana dengan kukicha? Kukicha adalah sejenis teh Jepang yang terbuat dari ranting dan batang pohon teh, bukan daunnya. Kukicha kaya akan mineral dan vitamin.

Manfaat kesehatan yang utama adalah menunjang imunitas tubuh sekaligus melancarkan pencernaan. Kedua kriteria ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Mengutip Teh Shizouka, kukicha punya nama lain yaitu bocha. Biasanya dihasilkan dari proses pembuatan sencha dan matcha yang menyisakan ranting dan batang teh. Teh Kukicha memiliki aroma dan rasa teh yang unik karena dibuat dari bagian tanaman teh yang tidak biasa. Kukicha yang terkenal, disebut karigane, berasal dari pembuatan teh hijau gyokuro.

Lebih detailnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *