Jakarta

Kota Solo Jawa Tengah mempunyai beragam kuliner lokal yang terkenal kelezatannya. Mulai dari Selat Solo, Pecel Ndeso, hingga Timlo.

Kota dengan nama administratif Surakarta ini menawarkan beragam jajanan dan makanan dengan cita rasa tersendiri. Lantas, apa saja makanan khas Solo? Simak beberapa daftarnya di bawah ini.

Makanan Spesial Solo

Berikut beberapa makanan khas Surakarta (Solo):

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Pecel Ndeso

Kalau ke Solo wajib coba pecel ini. Pecel khas Solo disajikan dengan nasi merah, aneka potongan sayuran seperti kangkung, bayam, dan tauge.

Diambil dari buku Wisata Kuliner Makanan Khas Daerah Solo karya Miftah Sanaji, pecel ini memiliki sambal yang berbeda dari biasanya. Ciri khas sambal adalah warnanya yang hitam

2. Gado-gado Solo

Berbeda dengan gado-gado di daerah lain, gado-gado Solo mengandung kacang-kacangan, wortel, kentang bahkan ada yang menggunakan kubis mentah. Lebih enak lagi jika kita menyantapnya dengan kerupuk dan bawang merah goreng di atasnya.

3. Selat Solo

Selat Solo juga bisa disebut sebagai hidangan steak ala lokal. Penduduk setempat di sana menganggap makanan ini merupakan adaptasi dari kombinasi steak, salad, dan sup.

Daging sapi dibuat dengan cara direbus dalam kaldu yang mengandung bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris. Kemudian, masakan tersebut ditaburi garam dan merica di bagian akhir.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Indonesia Travel (Wonderful Indonesia), makanan ini dipengaruhi oleh budaya Eropa. Disebut selat karena berasal dari kata bahasa Inggris 'salad' yang merupakan gabungan sayuran.

4. Timlo

Timlo merupakan makanan khas Solo yang bentuknya seperti kuah bening, diisi dengan potongan aneka sayur, telur rebus, sosis solo, jamur rebus, hingga isi ayam suwir.

Kuah timlo rasanya enak. Jadi sangat mudah dimakan dengan nasi.

5.Nasi Liwet

Nasi liwet spesial solo dimasak dengan santan, daun salam, kaldu ayam, serai, dan dipesan. Sehingga menghasilkan aroma yang harum.

Hidangan ini dilengkapi dengan potongan telur dadar, telur kecap manis, dan bihun. Ada juga ayam cincang yang direbus dengan santan, rebusan labu berbumbu, dan areh (saus kelapa kental).

6.Serabi Solo

Serabi Solo merupakan makanan khas Solo yang sering dijadikan jajanan manis. Serabi Solo dapat ditemukan di tempat-tempat yang menjual jajanan tradisional.

Tak hanya polos, kini serabi bisa ditemui dengan berbagai topping seperti nangka, pisang, coklat, bahkan keju.

7. Cambuk Rambak

Cabuk rambak merupakan jajanan khas Solo yang terdiri dari ketupat yang dilumuri kuah berisi wijen sangrai dan kelapa parut.

Hidangan ini sering disantap di sela-sela waktu makan. Biasanya dinikmati dengan tambahan kerupuk.

Menonton video “Tengkleng Jagoan Jokowi di Solo
[Gambas:Video 20detik]
(khq/inf)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *