Jakarta

Persaingan durian di negara-negara Asia Tenggara cukup sengit. Seperti rasa durian Malaysia dan Thailand yang dikomentari TikToker ini.

Meski tergolong buah dengan aroma pedas dan rasa yang tajam, durian masih digemari di berbagai negara, khususnya di Asia Tenggara. Durian berhasil menjadi komoditas sekaligus kuliner menjanjikan yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke beberapa negara Asia Tenggara.

Tak heran jika buah tajam dan berduri ini disebut sebagai 'Raja Buah', apalagi jenis durian kini semakin beragam dengan harga mulai dari yang murah hingga puluhan juta rupiah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Selain durian asal Malaysia, belakangan ini juga banyak sekali peminat durian asal Thailand, sehingga banyak penggemar durian yang kerap membandingkan rasanya.

TikToker Korea ini bilang durian Malaysia lebih enak dari durian ThailandTikToker Korea ini bilang durian Malaysia lebih enak dari durian Thailand Foto: Laman News

Laporan dari World of Buzz (01/02), baru-baru ini ada seorang TikToker dan konten kreator asal Korea Selatan bernama Tara Choi yang berdomisili di Malaysia.

Melalui video yang diunggah di TikTok, Tara mencicipi durian asal Thailand dibandingkan dengan durian asal Malaysia. Ia menceritakan momen membeli durian Monthong di sebuah pasar di Bangkok.

Dengan video berdurasi lebih dari satu menit, perbandingan durian Malaysia dan Thailand ini dengan cepat menjadi viral.

Menurut Tara, aroma durian Thailand jauh lebih lemah dan tekstur buah durian jauh lebih kering dibandingkan durian Malaysia.

TikToker Korea ini bilang durian Malaysia lebih enak dari durian ThailandTikToker Korea ini bilang durian Malaysia lebih enak dari durian Thailand Foto: Laman News

“Rasanya kurang enak. Durian Thailand aromanya kurang pedas, jadi itu tidak benar. Mulai dari aroma, rasa, dan warna buahnya, semuanya kalah dengan durian Malaysia. Memang ukuran durian Thailand Lebih besar, tapi rasanya kurang enak. Yang jelas durian Malaysia lebih enak,” kata Tara.

Ia juga menambahkan bahwa banyak orang Malaysia yang mengatakan kepadanya bahwa rasa durian Thailand tidak terlalu enak. Jadi dia ingin mencobanya sendiri dan ternyata klaim orang Malaysia itu benar adanya.

Banyak netizen mulai dari Malaysia hingga Indonesia yang turut mengomentari bentrokan kedua durian tersebut.

TikToker Korea ini bilang durian Malaysia lebih enak dari durian ThailandTikToker Korea ini bilang durian Malaysia lebih enak dari durian Thailand Foto: Laman News

“Rasa durian di Malaysia sama dengan durian di Indonesia. Menurutku rasa durian Thailand cukup hambar,” komentar @12**.

“Durian Thailand sering dijual sebelum matang sempurna. Sedangkan durian di Malaysia menunggu sampai di pohon baru dijual,” lanjut @me5**.

“Kalau ditanya orang tua di Malaysia seperti orang tua saya misalnya, mereka tidak akan mau membeli durian yang berasal dari Thailand. Sebab, durian Thailand itu dipetik dari pohonnya sebelum matang, lalu penjual di sana menggunakan bahan buatan untuk memasak duriannya,” pungkas @ja**.

Malaysia telah lama menjadi surganya pecinta durian. Ada banyak jenis durian khas Malaysia yang populer di Asia Tenggara seperti Musang King, D-24, Udang Merah, Tekka, Black Thorn dan masih banyak lagi.

Menonton video “Membuat Anda Lapar: Durian Thailand yang Manis dan Sah
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *