Jakarta

Tak hanya biji kopi saja yang bisa diolah menjadi kopi nikmat. Ternyata kulit biji kopi juga bisa dijadikan teh cascara yang menyehatkan. Ini adalah fakta.

Tanaman kopi memiliki manfaat lebih dari yang dibayangkan banyak orang. Biji kopi tidak hanya bisa diolah menjadi biji kopi yang ketika diseduh dapat menyegarkan tubuh.

Ternyata kulit buah kopinya juga bisa dimanfaatkan untuk dimakan. Disebut teh cascara, teh ini tidak berasal dari daun teh melainkan dari kulit biji kopi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kandungan dan manfaat kesehatannya telah diuji dan dipelajari oleh para peneliti. Minuman tersebut konon memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh manusia.

Baca juga: Aduk! Seorang pria tertangkap CCTV sedang mencuri makanan tetangganya

Berikut 5 fakta teh cascara menurut VerywellFit:

5 Fakta Teh Cascara, Minuman Biji Kopi yang Menyehatkan KulitTeh cascara terbuat dari kulit buah kopi yang dipanen dan siap diseduh. Foto: Getty Images/iStockphoto/Jobrestful

1. Mengenal teh cascara

Cascara adalah sebutan untuk teh yang diseduh dari kulit buah kopi. Kulit ceri kopi diambil dari buah kopi yang telah dikupas dan dibersihkan bijinya.

Biji kopi akan diolah melalui pencucian dan penyangraian, sedangkan kulit buah kopi akan dibersihkan dan dikeringkan. Teh cascara yang berasal dari kulit buah kopi memiliki rasa yang berbeda dibandingkan teh biasa.

Menurut pakar teh cascara, teh ini memiliki rasa asam buah yang khas, manis, dan sensasi seperti kismis saat diseruput. Aroma tehnya sendiri cenderung menyerupai kembang sepatu, peach, kayu manis, dan kulit jeruk.

2. Cara menyeduhnya

Seperti teh pada umumnya, cascara dapat diolah menjadi dua jenis olahan. Bisa berupa teh cascara panas yang menghangatkan atau teh cascara dingin yang menyejukkan.

Untuk membuat teh cascara panas, kita perlu menyiapkan tiga sendok teh cascara kering. Kemudian tuangkan 230 -300 mililiter air panas dan biarkan selama 7 menit sebelum diminum.

Sedangkan untuk teh dingin, ada dua cara menyeduhnya. Pertama, ikuti cara menyeduh yang sama seperti membuat teh panas, namun diamkan lebih lama. Kedua, ikuti sistem cold brew dengan mengekstraksi teh menggunakan air dingin semalaman.

Fakta teh cascara lainnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *