Jakarta

Ada lagi variasi minuman yang berasal dari tanaman kopi yang disebut teh bunga kopi. Minuman dari pohon kopi ini dikenal bermanfaat dan menggugah selera. Apakah itu benar?

Beberapa bagian tanaman kopi dapat dimanfaatkan sebagai minuman. Tak hanya biji kopi, bunga tanaman ini juga bisa diolah menjadi minuman.

Bagian bunga tanaman kopi dapat diolah menjadi teh yang nikmat. Disebut teh bunga kopi atau teh bunga kopi. Di luar negeri, minuman ini sudah diperkenalkan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun perkembangannya tidak secepat cascara atau minuman dari berbagai bagian pohon kopi lainnya. Pasalnya, bahan utama minuman ini masih cukup terbatas karena proses pemanenan yang singkat.

Teh bunga kopi juga disebut-sebut menggugah selera dan menawarkan manfaat yang diklaim lebih baik dibandingkan kopi biasa. Apakah itu benar?

Berikut penjelasannya seperti dirangkum dari wellandgood.com (30/11/2023).

1. Apa itu teh bunga kopi?

bunga kopiTernyata bunga kopi bisa diolah menjadi minuman yang tak kalah nikmatnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/joloei

Menurut buku yang ditulis oleh Jordan Michelman dan Zachary Carlsen berjudul 'But First Coffee', bunga kopi digambarkan sebagai bunga aromatik dengan aroma yang sama seperti melati dan honeysuckle. Bunga ini tumbuh di pohon kopi dan dapat diolah menjadi minuman teh yang nikmat.

Michelman dan Carlsen mengungkapkan bunga kopi mirip dengan cascara. Air bunga kopi memanfaatkan bagian tanaman kopi yang biasa dibuang.Bunga kopi juga sudah dikenal sejak berabad-abad lalu di kalangan petani kopi.

Teh bunga kopi juga dikenal sebagai pilihan yang lebih baik dibandingkan kopi. Cara seduhnya juga mudah, Anda hanya perlu merebusnya dalam air mendidih seperti membuat teh herbal lainnya.

2. Manfaat minum kopi teh bunga

bunga kopiTeh bunga kopi diketahui memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan kopi biasa. Foto: Getty Images/iStockphoto/joloei

Menurut Lauren Manaker, MS, RDN, LD, CLEC, CPT, ahli diet terdaftar, meminum teh bunga kopi memiliki beberapa manfaat.

Teh bunga kopi dikatakan kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, yang dapat membantu melawan stres oksidatif dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Minuman dari tanaman kopi ini juga dapat memberikan efek menenangkan, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan relaksasi. Sifat antibakterinya juga dapat membantu kesehatan mulut.

Terlepas dari manfaat tersebut, Manaker mengingatkan kita untuk selalu meminum minuman ini dalam jumlah sedang. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu untuk mendapatkan nasihat pribadi.

Perbedaan kopi teh bunga dan kopi biasa bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *