Jakarta

Makan ayam setengah matang atau mentah berbahaya bagi tubuh. Namun selebgram ini justru sengaja pamer menyantap ayam mentah di akun media sosialnya.

Semakin banyak orang yang mengunggah video makan daging mentah di internet meski risiko kesehatannya sangat tinggi. Selain itu, daging ayam mentah mengandung bakteri penyebab penyakit seperti salmonella.

Salah satunya adalah selebriti bernama John (@rawchickenexperiment) yang gemar mengunggah konten soal makan ayam mentah dengan berbagai gaya. Video tersebut menjadi viral di Instagram dan dilihat lebih dari delapan juta kali.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Selebriti ini dikecam dokter usai mengunggah video makan ayam mentahSelebriti ini dikecam dokter usai mengunggah video makan ayam mentah Foto: Berita Laman

Laporan dari DailyMailUK (02/02), John mengonsep isi videonya dengan mengonsumsi ayam mentah setiap hari hingga ia jatuh sakit. Eksperimen ini tentu saja sangat berbahaya, apalagi John terang-terangan memakan daging ayam mentah sehingga membuat orang tertarik untuk meniru perbuatannya.

Dalam berbagai video, ia terlihat menyantap dada ayam mentah dengan telur mentah. Lalu ia juga menambahkan potongan ayam mentah di atas pizza yang diberi keju dan tomat.

John juga membuat smoothie dengan campuran ayam mentah dan irisan jeruk yang membuat orang mual. Meski kontennya ekstrim dan bikin muak, John berhasil mendapatkan lebih dari 300 ribu pengikut di Instagram miliknya.

Banyak video yang menjadi viral dan viral di media sosial hingga membuat beberapa dokter marah atas tindakannya. Mereka memperingatkan tentang bahaya makan ayam mentah.

Selebriti ini dikecam dokter usai mengunggah video makan ayam mentahSelebriti ini dikecam dokter usai mengunggah video makan ayam mentah Foto: Berita Laman

Salah satunya adalah dokter Idrees Mughal, seorang ahli bedah asal Inggris yang mengkritik tindakan John. “Demi segala kewarasan, JANGAN mencoba apa pun yang dilakukan orang ini. Ini tindakan yang sangat bodoh,” kritik Dokter Mughal.

Begitu pula dengan beberapa chef yang juga memperingatkan tentang bahaya memakan ayam mentah.

“Saya hanya ingin memberi tahu Anda bahwa dia (John) membahayakan nyawanya sendiri. Dua (bakteri) pembunuh terbesar adalah Campylobacter dan Salmonella yang berisiko tinggi terutama dari ayam yang kurang matang atau mentah,” kata sang chef.

Menanggapi kritik dari berbagai pihak, John justru menyikapinya dengan tenang. Ia mengaku sudah mulai membiasakan makan ayam mentah untuk membantu menghilangkan sakit punggung, pusing, bahkan jerawat batu.

Meski belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hubungan antara makan daging mentah dan pengobatan masalah kesehatan.

Apapun motifnya, makan ayam mentah atau setengah matang sama sekali tidak dianjurkan. Ayam mentah mengandung bakteri salmonella yang dapat memicu infeksi usus dan masalah lambung serta diare.

Menonton video “Kemungkinan Sumber Kontaminasi Salmonella pada Kinder Chocolate
[Gambas:Video 20detik]
(menangis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *