Jakarta

Tahun Baru Imlek ditandai dengan hidangan lezat yang kaya makna dan simbolisme. Mulai dari mie goreng, ikan, jeruk hingga manisan yang melambangkan keberkahan dan rezeki.

Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal 10 Februari 2024. Tentunya ini menjadi momen yang spesial sehingga banyak orang mulai mempersiapkan segala kebutuhannya. Bukan sekadar membersihkan dan mendekorasi rumah.

Selain dekorasinya yang meriah, ragam hidangan lezat yang disajikan juga tak kalah penting. Pasalnya, kuliner saat Imlek tak hanya enak dinikmati, tapi juga punya filosofi tersendiri.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Salah satu yang ikonik adalah buah jeruk dengan warna oranye. Dipercaya sebagai lambang emas, keberuntungan dan keberkahan serat yang beruntung. Ada beberapa jeruk yang disajikan dalam tradisi Tahun Baru Imlek.

Masakan Simbolik Tahun Baru ImlekMasakan Simbolik Tahun Baru Imlek Foto: detikcom

Mulai dari jeruk dekopon, jeruk ponkam, jeruk mandarin, dan lain sebagainya. Selain itu, jenis makanan utama juga harus diperhatikan, karena dapat menjadi simbol harapan.

Makanan yang disajikan juga harus merupakan makanan yang melambangkan harapan baik. Mulai dari bebek peking, yusheng, mie, dll. Sedangkan makanan yang melambangkan hal-hal negatif sebaiknya dihindari.

Contohnya bubur, kepiting, lobster, pisang, roti, dll. Tak hanya jenis makanannya saja, cara menyantapnya juga punya aturan tersendiri.

Etiket makan bersama saat perayaan Imlek menjadi penting karena memiliki makna yang dalam. Misalnya, Anda tidak bisa berhenti makan mie sampai Anda mengangkat makanan tersebut setinggi mungkin.

Masakan Simbolik Tahun Baru ImlekMasakan Simbolik Tahun Baru Imlek Foto: detikcom

Mungkin terlihat sepele, namun hal ini sudah menjadi kepercayaan selama berabad-abad. Tradisi makan ini bisa dijadikan sebagai wujud rasa syukur dan mempererat tali persaudaraan.

Oleh karena itu, tradisi saling berkirim bingkisan juga tidak ketinggalan. Pada ulasan detikFood kali ini kita akan membahas berbagai perayaan Imlek.

Kita akan membahas tentang hidangan simbolis masakan Imlek, lengkap dengan sejarah dan filosofi serta aturan atau tata krama saat makan bersama.

Kami juga membahas rekomendasi tempat makan dan tempat membeli makanan untuk Imlek. Jadi baca terus ulasan detikFood ini!

Menonton video “Melihat Proses Produksi Kue Keranjang Spesial Imlek di Bandung
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *