Jakarta

Tak hanya nikmat, sajian istimewa di perayaan Imlek ini sarat makna simbolis. Termasuk beberapa kue dan jajanan yang disajikan di tahun baru.

Tahun Baru Imlek atau Imlek selalu dirayakan dengan penuh kegembiraan dan kegembiraan. Namun bukan sekedar perayaan saja, Imlek mempunyai banyak makna untuk mengatur seluruh komponen dan kegiatan yang dilakukan.

Menurut budaya Tionghoa, pada pergantian tahun baru, diyakini bahwa Anda harus melakukan segala hal baik untuk mendatangkan keberuntungan. Jadi ada beberapa aturan yang harus dipatuhi dan ada pula yang harus ditinggalkan agar tidak membawa kesialan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Bahkan sekedar manisan dan jajanan untuk dihidangkan kepada tamu yang datang pun ada aturannya. Permen dan jajanan tradisional Imlek sengaja disajikan karena masing-masing memiliki makna dan harapan tersendiri.

Baca Juga: Penjual Chicol Traveling Disebut Mirip Aktor Korea, Begini Penampilannya

Berikut 5 makna kue dan jajanan saat perayaan Imlek menurut Says:

Tak Hanya Enak, 5 Kue dan Jajanan Ini Penuh Makna di Tahun Baru ImlekNastar disajikan saat Tahun Baru Imlek sebagai simbol kekayaan dan keberuntungan. Foto: Kata

1.Nastar

Tak hanya identik dengan perayaan Aidilfitri, nanas juga wajib ada dalam perayaan Imlek. Menurut budaya Hokkian, nanas dalam nastar disebut ong lai yang artinya sama dengan 'membawa keberuntungan'.

Kue kering ini biasanya juga diberikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga, saudara atau orang terdekat Anda. Tujuannya untuk memberikan nastar sekaligus mendoakan rezeki dan keberuntungan bagi yang memakannya.

Artinya nanas harus selalu ada di meja hingga perayaan Imlek selesai. Saat Imlek, nanas biasanya dibuat menjadi bentuk yang unik dan lucu.

2. Panggang untuk

Beberapa etnis Tionghoa biasanya juga menyajikan kuih bak kwa. Bak kwa secara harafiah identik dengan Tahun Baru Imlek.

Biasanya toko yang menjual bak kwa akan antri panjang. Bak kwa sendiri merupakan makanan ringan berbahan dasar daging yang merupakan bagian dari budaya masyarakat Hokkien di provinsi Fujian, Tiongkok.

Bak kwa adalah daging yang diawetkan dan disimpan dalam waktu lama lalu disajikan saat Tahun Baru Imlek. Daging bak kwa yang paling populer biasanya adalah daging babi asap dan bisa juga dikirim sebagai oleh-oleh.

Arti kue dan jajanan Imlek lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Kue Keranjang Lentera yang dipuja saat Tahun Baru Imlek
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *