Jakarta

Setiap tempat makan atau restoran menetapkan harga tertentu untuk menu yang ditawarkan. Hal ini dipengaruhi oleh bahan makanan yang digunakan dan lokasinya.

Namun, ada beberapa tempat makan yang mematok harga selangit. Tak jarang masyarakat mengeluh dan protes karena merasa ditipu dengan harga pangan yang tidak masuk akal.

Umumnya menu makanan yang lebih mahal terdapat di kawasan wisata, rest area, dan bandara.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Restoran di beberapa lokasi tersebut memiliki tarif makan yang lebih mahal dibandingkan lainnya karena biaya sewanya juga tinggi. Namun, harga makanan yang dipatoknya terlalu tinggi hingga membuatnya menggelengkan kepala.

Lantas, restoran mana yang katanya menawarkan menu mahal?

Tempat Makan dengan Harga Makanan yang Mahal

Berikut beberapa tempat makan yang viral karena harga makanannya yang mahal, dikutip dari catatan detikFood.

1. Makanan di Kawasan Wisata Pengalengan

Melalui video YouTube, seorang pria menceritakan pengalamannya bersantap di sebuah restoran di kawasan Situ Cileunca, Pangalengan, Jawa Barat. Dia membayar harga makanan selangit.

Pria itu menunjukkan bukti pembayaran menu yang dibelinya. Ia terlihat memesan ayam bakar dan goreng, karedok, tahu, tempe, jengkol, ikan asin, dan kelapa.

Menu ayam 11 porsi yang dipesannya sendiri dibanderol Rp 440.000. Ditambah lauk lainnya, dia harus membayar Rp 915.000.

Pria itu merasa restoran tersebut mengenakan harga sewenang-wenang. Namun pihak restoran mengatakan mereka tidak pernah melakukannya. Pria tersebut kemungkinan memesan makanan dari broker dan bukan langsung dari restoran sehingga menyebabkan harganya meroket.

2. Area food court di Rest Area Jagorawi

Seorang netizen dalam video TikTok memperlihatkan kuitansi salah satu restoran di area istirahat Tol Jagorawi Km 10. Tampaknya ia harus membayar Rp 495.000 untuk makanan yang dibelinya.

Ia dan lima orang lainnya memesan sejumlah makanan, antara lain ayam goreng, nasi kari kikil, nasi dan daging Soto Kudus, nasi ikan tenggiri, dan acar hangat. Harga makanan yang dipesannya berkisar Rp 10.000 – 45.000 per porsi.

Menurut seseorang yang mengenal wanita tersebut, total harga yang dia bayarkan terlalu tinggi dan pihak restoran hanya membebankan harga tersebut.

3. Nasi Padang di Taman Safari

Usai menyantap nasi Padang di Taman Safari Indonesia yang terletak di Bogor, seorang pengunjung dikejutkan dengan harga menu yang disantapnya. Porsi nasi Padang yang disantapnya mencapai Rp 120.000.

Ternyata besarnya harga yang harus dibayar karena setiap lauk dan lauknya dihitung sendiri-sendiri.

Mulai dari nasi berbumbu yang dibanderol Rp 13.000, sayur nangka Rp 15.000, daun singkong dan sambal ijo masing-masing Rp 8.000, hingga perkedel Rp 13.000.

4. Mie Instan di Cafe Puncak

Melalui postingan di Facebook, seseorang membagikan struk makanan usai makan di sebuah kafe yang terletak di Siosar, Puncak 2000, Sumatera Utara. Ia kaget dengan harga makanannya yang dinilai terlalu mahal.

Saat itu ia memesan beberapa makanan dan minuman seperti 4 porsi nasi goreng, 1 buah Indomie goreng, 2 buah es krim jeruk, dan 3 buah kopi dengan susu. Dengan menu ini, ia harus membayar Rp 419.210 setelah ditambah PPN dan service charge.

5. Nasi Padang di Bandara Singapura

Ada lagi cerita makan nasi padang, tapi ini terjadi di Bandara Changi, Singapura. Saat itu, warganet ini mampir ke salah satu restoran yang menjual nasi Padang dan takjub dengan harganya.

Katanya, harga makanan tidak dicantumkan dan tidak diinformasikan terlebih dahulu. Ia hanya langsung disuruh memilih menu yang ingin dipesannya.

Saat melakukan pembayaran, ia dikenakan biaya SGD 13 atau sekitar Rp 153.000 (dengan kurs Rp 11.779) untuk porsi makannya.

Nah, itulah sederet tempat makan mahal yang sedang viral di media sosial.

Menonton video “Menjadi gila! Tempat makan murah di Gading Serpong yang punya aneka sayur enak
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *