Jakarta

Menjelang Tahun Baru Imlek, berbagai jenis jeruk dijual di penjual buah, grosir buah segar, dan toko buah. Di Glodok, jeruk dekopon menjadi favorit.

Dalam perayaan Tahun Baru Imlek, jeruk menjadi makanan simbolis yang wajib dihidangkan. Bagi masyarakat Tionghoa, warna oranye-kuning melambangkan emas atau keberuntungan.

Artinya jeruk dipercaya membawa kekayaan dan keberuntungan. Bahkan dalam bahasa Kanton, kata 'oranye' terdengar seperti kata 'sukses'.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Itu sebabnya jeruk menjadi hidangan wajib saat Tahun Baru Imlek. Apalagi menjelang Tahun Baru Imlek besok yang jatuh pada 10 Februari 2024, masyarakat mulai ramai berburu jeruk.

Jelang Imlek, jeruk nipis Dekopon dan Ponkam menjadi incaran pembeliJelang Imlek, Jeruk Dekopon dan Ponkam Jadi Incaran Pembeli Foto: detikcom

Pasar Glodok Pancoran Jakarta Barat menjadi salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli jeruk Imlek. Mengingatkan bahwa Pasar Glodok merupakan kawasan Pecinan terbesar di Indonesia.

Sejak dua minggu menjelang Tahun Baru Imlek, Pasar Glodok ramai dengan pedagang yang menawarkan hiasan Imlek, jeruk, dan makanan Imlek lainnya.

Tepat di Gang Gloria, ada warung jeruk yang bisa Anda temukan. Namanya Ayuk Buah yang sudah 40 tahun berjualan jeruk dan buah segar di Pasar Glodok.

Imah selaku pemilik warung buah mengatakan, lemon dekopon dan ponkam merupakan dua jenis lemon yang paling digemari setiap kali perayaan Imlek.

Rata-rata pelanggan mencari jeruk dekopon atau ponkam. Jeruk ini bagus, cocok dan cocok untuk oleh-oleh Imlek, kata Imah kepada detikcom (29/01/24).

Jelang Imlek, jeruk nipis Dekopon dan Ponkam menjadi incaran pembeliJelang Imlek, Jeruk Ponkam Incar Pembeli Foto: detikcom

Jeruk dekopon merupakan jenis jeruk mandarin yang tidak berbiji, berukuran besar dengan warna kulit kuning jingga cerah. Jeruk ini memiliki kulit yang lembut sehingga setiap buahnya dikemas dalam kantong warna-warni sesuai mereknya.

Teksturnya sangat lembut, juicy, banyak air dan manis segar. Tak heran jika jeruk Dekopon banyak digandrungi pembeli. Satu kilogramnya berharga sekitar Rp 55.000.

Selain lemon deponkam, lemon ponkam yang dulunya populer masih menjadi fokus banyak orang. Jeruk ponkam memiliki tekstur yang lebih lembut, namun rasanya cenderung segar dan sedikit manis. Jeruknya juga berukuran besar dan masing-masing dikemas dalam kantong plastik. Untuk jeruk ponkam ukuran besar harganya Rp 55.000. Selain itu ponkam juga tersedia dalam ukuran lebih kecil.

Jelang Imlek, jeruk nipis Dekopon dan Ponkam menjadi incaran pembeliRebusan jeruk yang rasanya segar dan manis. Foto: detikcom

Bagi yang ingin membeli sebagai oleh-oleh, ada juga jeruk yang dikemas dalam karton berisi 16, 20 hingga 32 buah. Harganya berkisar Rp 250.000 – Rp 250.000.

Menurut Imah, permintaan jeruk akan lebih tinggi menjelang perayaan Imlek. “Biasanya pada H-3 atau H-2 lebih banyak orang yang mulai mencari jeruk,” lanjutnya.

Imah juga menjelaskan cara memilih jeruk yang baik. Salah satunya bisa dicek pada kulit. Jika kulitnya cerah, tandanya jeruknya baru saja dipetik. Jeruk segar biasanya disertai dengan batang dan daun berwarna hijau.

Menonton video “Review Kantin Chinese Food Halal di Pasar Glodok
[Gambas:Video 20detik]
(rak/rak)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *