Jakarta

Tak hanya pembeli, penjual makanan juga menjadi sasaran penipuan. Seperti kisah beberapa penjual yang akhirnya merugi banyak karena ditipu pembeli.

Berbagai cara dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Mereka tidak akan memikirkan kerugian atau ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh perbuatannya, bagi mereka kepentingan diri sendiri adalah tujuan utama.

Diperlukan kehati-hatian yang luar biasa untuk menghindari kasus penipuan yang tidak dapat diprediksi. Penipuan tidak hanya menyasar pembeli saja, namun banyak pula penjual makanan yang menjadi korbannya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Biasanya penipuan pada penjual makanan datang dari pelanggan yang tidak bertanggung jawab. Berkedok memesan makanan dalam jumlah banyak dan harga mahal, para penjual makanan tersebut justru akhirnya harus mengalami kerugian.

Baca Juga: ODGJ Bayar Pakai Uang Mainan Saat Beli Beras, Ini Reaksi Pemilik Warung

Berikut 5 kejadian penipuan di pedagang makanan:

Penjual burger ditipuPenjual burger menipu pelanggan. Foto: TikTok @mohdazroyampan

1. Penjual burger menipu pembeli

Seorang penjual burger jajanan kaki lima mengatakan ada pelanggan yang datang pada suatu malam. Pembeli datang dengan memesan beberapa burger yang tertera di menu.

Berdasarkan laporan World of Buzz, total pesanan makanan mencapai Rp 132.000. Setelah mengetahui harganya, pembeli yang bersangkutan justru menambah pesanan lagi hingga totalnya mencapai Rp 264.000 untuk pembelian di street burger tersebut.

Pembelinya kemudian mengaku ingin keluar sebentar untuk mengambil uang tunai di ATM terdekat. Sayangnya pembelinya tidak pulang hingga berjam-jam dan meninggalkan makanan yang dipesannya begitu saja.

2. Pria membeli durian seharga Rp 9,7 juta

Siapa yang tidak senang ketika produk yang dijualnya dijual secara grosir oleh pelanggan? Hal serupa juga terjadi pada penjual durian di Jalan Kota Tinggi, Kluang, Malaysia. Tiba-tiba ia didekati oleh seorang pembeli yang hendak menjual duriannya secara grosir.

Sekitar pukul 15.20 waktu setempat, seorang pria berusia 40-an datang dan mengaku ingin mengangkut seluruh duriannya. Durian yang dibawanya diperkirakan bernilai 3.000 Ringgit Malaysia atau setara Rp 9,7 juta.

Namun setelah semua durian dimasukkan ke dalam mobil, alih-alih membayar durian, pembeli malah malah tancap gas. Esa selaku pemilik toko yang tidak menerima sepeser pun pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

Kejadian penipuan lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Kue Keranjang Lentera yang dipuja saat Tahun Baru Imlek
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *