Jakarta

Menghadapi penderita gangguan jiwa memang perlu kesabaran ekstra. Mendapat uang mainan dari ODGJ yang membeli sebungkus nasi, respon penjual tersebut dipuji warganet.

Orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ adalah sebutan bagi mereka yang kehilangan kewarasan. Tak sedikit ODGJ yang akhirnya terlantar di pinggir jalan dan hidup hanya dengan mengandalkan orang-orang baik disekitarnya.

Mencari makan dari tong sampah atau tidur seharian untuk menahan lapar. Dibutuhkan tenaga dan kekuatan mental untuk membantu ODGJ yang terdampar di jalanan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun berbeda dengan penjual nasi Padang yang videonya viral di media sosial. Ia yang tak disangka didatangi ODGJ memberikan sambutan yang mulia.

ODGJ Bayar Pakai Uang Mainan Saat Beli Beras, Begini Reaksi Pemilik TokoSeorang pemilik warung nasi didatangi ODGJ yang sedang memesan makanan. Foto: TikTok/rafliylz

Video yang diunggah akun TikTok @rafliylz (3/2) memperlihatkan keberadaan terduga ODGJ di sebuah warung makan. Rafli selaku pemilik akun tersebut terlihat memberikan sebungkus nasi kepada ODGJ perempuan paruh baya.

Uniknya, usai diberi sebungkus nasi, ODGJ memberikan beberapa lembar uang seolah ingin membayar. Sayangnya uang yang diberikan adalah uang mainan senilai Rp 3.000.

“Hatur nuhun (artinya terima kasih). Semoga puas. Selamat datang kembali,” kata Rafli kepada ODGJ sambil menunjukkan uang mainan yang diterimanya.

Dilihat detikcom (7/2), warung nasi Rafli menjual nasi Padang dengan konsep rumahan. Informasi mengenai lokasi pasti warung nasi Padang miliknya tidak terungkap dalam video yang diunggah.

ODGJ Bayar Pakai Uang Mainan Saat Beli Beras, Begini Reaksi Pemilik TokoUang yang digunakan untuk membayar adalah uang mainan. Foto: TikTok/rafliylz

Video berdurasi 21 detik tersebut telah ditonton lebih dari 21 ribu kali oleh netizen. Bahkan beberapa akun besar di media sosial pun ikut menyebarkan video ini. Banyak netizen yang mendoakan tindakan murni Rafli.

“Semoga dilimpahkan rezeki dan masih banyak yang lainnya. Semoga lancar usahanya,” tulis warganet.

“Sehat selalu. Semoga kebaikanmu digantikan oleh Yang Maha Kuasa,” sambung netizen lainnya.

“Niatnya baik. Ingat saja nenek takut memakai itu ke toko yang mungkin (pemilik/karyawannya) tidak sebagus kakak ini,” sambung netizen lainnya.

Menonton video “Kue Keranjang Lentera yang dipuja saat Tahun Baru Imlek
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *