Jakarta

Mengandung antioksidan tingkat tinggi, beberapa buah dan sayur ini mampu menurunkan risiko kanker. Mulai dari kanker prostat hingga kanker payudara.

Kanker merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit kronis ini bisa disebabkan oleh faktor genetik atau gaya hidup yang tidak sehat.

Baru-baru ini juga santer diberitakan bahwa Raja Charles III didiagnosis menderita kanker. Juga beberapa selebriti dunia menderita kanker. Untuk menghindari risiko kanker, perhatikan asupan makanan Anda setiap hari.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Konsumsilah makanan tinggi antioksidan, seperti buah dan sayur berikut ini.

1. Anggur

Untung dari Penanaman AnggurAnggur adalah sumber antioksidan yang disebut resveratrol. Foto: Nur Hadi Wicaksono

Anggur adalah sumber antioksidan yang disebut resveratrol. Studi menunjukkan bahwa resveratrol berpotensi menghentikan kanker.

Terutama kanker yang bermula di payudara, hati, lambung, dan sistem limfatik. Antioksidan ini terkandung dalam kulit anggur, lapor mdanderson.org (16/08).

“Kulit anggur memiliki resveratrol paling banyak, sehingga kulit tetap utuh,” kata ahli gizi Wohlford.

Anggur merah dan anggur ungu memiliki lebih banyak resveratrol dibandingkan anggur hijau. Ahli gizi merekomendasikan mengonsumsi 15 buah anggur sehari.

2. Brokoli

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa brokoli memiliki senyawa tumbuhan khusus yang melindungi tubuh dari kanker. Senyawa ini dikenal sebagai sulforaphane.

Menurut penelitian dari Texas A&M Health Science Center, sulforaphane berperan dalam mengubah gen untuk mencegah pertumbuhan tumor dengan lebih baik.

Selain itu juga mengandung glukosinolat yang jika dikonsumsi brokoli akan dipecah kembali menjadi senyawa aktif biologis.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *