Jakarta

Kelihatannya sepele, namun ternyata cara menyimpan telur harus benar agar putihnya tidak cepat meleleh. Ikuti tips berikut ini untuk menyimpan telur dengan benar di lemari es.

Telur merupakan salah satu bahan pangan mentah yang mengandung protein tinggi. Harganya juga ekonomis, rasa telurnya sangat enak dan bisa dinikmati dengan berbagai cara.

Banyak orang yang memelihara telur di rumah, karena cara memasaknya yang praktis. Enak sekali untuk sarapan, tinggal direbus atau digoreng.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Melaporkan dari Express (29/1), chef Dean Harper menjelaskan cara menyimpan telur yang benar agar putihnya tidak meleleh.

Ia mengatakan, “Putih telur cenderung encer seiring bertambahnya usia, sehingga semakin lama disimpan atau digunakan, biasanya semakin encer.”

Cara menyimpan telur yang benar menurut chefnyacara menyimpan telur yang benar menurut chef Foto: Getty Images/iStockphoto

“Efek ini semakin parah bila telur disimpan di tempat dengan suhu tinggi dan tingkat kelembapan rendah. Oleh karena itu, telur harus selalu disimpan di lemari es,” imbuhnya.

Menurut Dean, jika telur menjadi sangat encer berarti telur tersebut sudah tidak aman untuk dikonsumsi. Tekstur telur tidak dapat diubah, sehingga dapat dicegah dengan penyimpanan yang tepat.

Telur bisa bertahan lama jika disimpan di lemari es dengan suhu sekitar 40 derajat Fahrenheit atau 4 derajat Celcius. Chef Dean menyarankan untuk menyimpan telur di bagian paling dingin di lemari es.

Bagian kulkas yang paling dingin ada di bagian belakang dan bawah kulkas. Karena udara dingin menembus bagian belakang yang paling jauh dari pintu lemari es.

Cara menyimpan telur yang benar menurut chefnyacara menyimpan telur yang benar menurut chef Foto: Getty Images/iStockphoto

Dean juga menambahkan untuk menyimpan telur dalam wadah karton. Karena karton telur dirancang khusus untuk menjaga kesegaran telur, maka konsistensi dan teksturnya dapat dilindungi.

Bagaimana jika telurnya dibekukan? Apakah masih aman?

Menurut USDA, telur bisa dibekukan hingga 1 tahun. Jika ingin menggunakannya, Anda bisa mencairkan telur dengan cara menaruhnya semalaman di lemari es atau membilasnya dengan air mengalir. Jika telur sudah meleleh, bisa langsung digunakan.

Menonton video “Bikin Lapar: Kebab Telur Bebek yang Viral, Bagaimana Rasanya?
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *