Jakarta

Beda dengan ayam biasa yang murah. Bentuk ayam unik asal Vietnam ini terkenal dengan harganya yang mahal mencapai puluhan juta rupiah.

Beberapa jenis ayam merupakan salah satu makanan paling populer di dunia. Ternyata ada salah satu jenis ayam yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Mudah didapat dan lezat, daging ayam bisa diolah menjadi makanan apa saja. Selain sebagai sumber protein, daging ayam juga menjadi menu populer di restoran tradisional dan fast food.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Di antara berbagai jenis ayam yang ada di dunia, ada ayam yang mempunyai harga mahal. Ayam mahal jenis ini biasanya mempunyai ciri khas dan kelebihan tersendiri.

Salah satunya adalah ayam Dong Tao yang berasal dari Vietnam. Ayam yang dikenal dengan nama ayam naga ini merupakan salah satu jenis ayam mahal asal Asia yang populer hingga ke seluruh dunia. Ayam-ayam ini terkenal dengan kakinya yang besar dan sedikit mengintimidasi.

Ayam asal Vietnam ini rasanya sangat enak dan harganya Rp 39 juta per potongAyam asal Vietnam ini rasanya enak dan harganya Rp 39 juta per foto: Berita Laman

Bahkan kuku Dong Tao pun berukuran sama dengan pergelangan tangan manusia. Selain itu harga potongan ayam Dong Tao juga sangat mahal karena rasanya yang enak.

Sayangnya Dong Tao cukup langka karena kakinya yang terlalu besar mengurangi produksi telur. Akibat kelangkaan ini, harga pun melonjak drastis, sepasang ayam Dong Tao bisa berharga hingga USD 2.500 (Rp 39 juta).

Lalu apa yang membuat harga ayam Dong Tao begitu mahal dibandingkan ayam biasa?

Laporan dari SAYS (11/02), ayam ini merupakan salah satu jenis ayam yang cukup langka dan sulit untuk dikembangbiakkan. Ukuran ayam Dong Tao jelas lebih besar dari ayam biasa. Ayam ini beratnya bisa mencapai 6 kg dan pernah dijadikan makanan keluarga bangsawan.

Ayam asal Vietnam ini rasanya sangat enak dan harganya Rp 39 juta per potongAyam asal Vietnam ini rasanya enak dan harganya Rp 39 juta per foto: Berita Laman

Banyak orang Vietnam yang percaya bahwa memakan ayam Dong Tao dapat membawa keberuntungan. Nama Dong Tao sendiri diambil dari sebuah desa bernama Dong Tao, asal muasal ayam ini, yang terletak tidak jauh dari kota Hanoi.

Tekstur daging dan rasa ayam Dong Tao juga dipuji banyak orang. Menurut yang sudah mencobanya, daging ayam Dong Tao teksturnya lebih renyah serta aroma dan rasa lebih enak. Dengan sedikit rasa manis dibandingkan ayam biasa.

Daging Dong Tao terasa paling enak saat berumur 13-15 bulan. Cara mengolah daging Dong Tao juga unik karena rasanya kurang enak jika digoreng, sehingga banyak orang di Vietnam yang mengukus ayam tersebut hingga bagian ayamnya empuk.

Ayam asal Vietnam ini rasanya sangat enak dan harganya Rp 39 juta per potongAyam asal Vietnam ini rasanya enak dan harganya Rp 39 juta per foto: Berita Laman

Di Vietnam, Dong Tao tidak dimakan sebagai makanan sehari-hari seperti ayam pada umumnya. Namun, Dong Tao disantap saat Tet, yaitu hari libur Tahun Baru Imlek di sana.

Harganya yang mahal membuat Dong Tao menjadi makanan bergengsi bagi keluarga kelas atas di Vietnam. Harga Dong Tao di Vietnam bervariasi, rata-rata sekitar 10 juta Dong (Rp 6,4 juta).

Namun harga Dong Tao bisa meroket, terutama di luar Vietnam. Kisaran harga Dong Taoo sudah mencapai 2.500 USD (Rp 39 jutaan) per ekor.

Tak hanya Vietnam yang punya Dong Tao termahal, Indonesia juga punya peringkat pertama ayam termahal di dunia. Disebut juga sebagai 'Lamborghini' dari jenis burung, ayam berwarna hitam pekat ini selalu menarik perhatian.

Ayam Cemani terkenal dengan bulunya yang berwarna hitam legam. Tak hanya bagian luarnya, darah dan tulangnya juga berwarna hitam. Jenis Ayam Cemani yang langka dan sulit diternakkan menyebabkan harganya sangat mahal. Kisaran harga ayam ini bisa mencapai 5000 USD (78 juta).

Menonton video “Bubur Ayam Oriental H. Furoda dengan Berbagai Topping Menggiurkan
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *