Jakarta

Restoran cepat saji KFC terkenal dengan ayam gorengnya yang renyah dan lezat. Dibalik kelezatan rasa ayamnya, diketahui ada rahasia bahan dan bumbu yang digunakan.

Tak puas hanya sekedar mencicipi langsung di restoran, sebagian penggemar KFC ingin menciptakan kembali ayam goreng ikonik tersebut di rumah. Berbagai eksperimen dilakukan dengan mencampurkan berbagai bumbu hingga menemukan resep yang mirip KFC.

Setelah banyak yang mencoba dan mengaku resepnya sama dengan resep asli KFC, namun masih ada sedikit perbedaan rasa dengan aslinya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun kini tak perlu khawatir lagi dengan bumbu rahasianya, karena ternyata resep asli KFC sendiri sudah bocor ke publik beberapa tahun lalu.

Wah, apa bumbu rahasia yang digunakan pada ayam goreng KFC yang enak ini? Dan bagaimana resepnya bisa bocor?

Orang yang Membocorkan Resep Asli KFC

Kolonel Harland David Sanders, sosok pendiri dan kakek berlogo KFC, memulai restoran cepat saji pada tahun 1952. Saat itu, waralaba KFC pertama berada di Salt Lake City, Utah. Dalam waktu kurang dari 10 tahun, ia telah memiliki lebih dari restoran KFC yang tersebar di Amerika dan Kanada, seperti dilansir situs resmi KFC Malaysia.

Kesuksesannya berkat cita rasa ayam goreng KFC, berkat resep asli yang dibuat sendiri oleh Kolonel Sanders.

Resep asli KFC diketahui terdiri dari 11 bumbu. Daftar bumbu dan rempah tersebut dirahasiakan dan dijaga ketat hingga bocor ke publik pada tahun 2016.

Dikutip dari situs LADbible, resep rahasia KFC dibocorkan oleh sosok tak terduga, keponakan Kolonel Sanders, Joe Ledington. Joe menemukan resepnya lengkap dengan daftar bumbu di buku keluarga. Kemudian dia membagikannya kepada reporter dari Chicago Tribune.

Daftar Bumbu dan Rempah Rahasia KFC

Bocoran bumbu rahasia KFC itu tertulis di selembar kertas dengan tinta biru. Berikut 11 bumbu dan rempah rahasia yang menjadi resep rahasia KFC:

  • 2/3 sendok makan garam
  • 1/2 sdm timi
  • 1/2 sendok makan kemangi
  • 1/3 sdm oregano
  • 1 sendok makan bubuk seledri
  • 1 sendok makan lada hitam
  • 1 sendok makan mustard kering
  • 4 sendok makan bubuk paprika
  • 2 sendok makan bubuk bawang putih
  • 1 sendok makan jahe bubuk
  • 3 sendok makan lada putih

Di bagian atas resepnya tertulis “11 bumbu dan rempah dicampur dengan 2 cangkir (400 gram) tepung terigu.”

Setelah membeberkan resepnya, Joe mengatakan bahan-bahannya disalin dari catatan pamannya yang dia temukan. Namun, dia tidak yakin apakah pengukurannya benar seperti yang dilakukan pamannya atau tidak.

Joe berkata, “Itu adalah 11 bumbu dan rempah asli yang harus dirahasiakan.” Ia melanjutkan, “Bisa jadi, saya tidak tahu pasti.”

Salah satu bumbu tersebut dikatakan sebagai bumbu utama. Joe berkata, “Bahan utamanya adalah lada putih. Saya menyebutnya bahan rahasia. Tidak ada seorang pun (di tahun 1950an) yang tahu apa itu lada putih. Tidak ada yang tahu cara menggunakannya.”

Banyak yang bilang resep yang dibocorkan Joe Ledington tidak akurat dan hanya sekedar dugaan belaka. Sebaliknya, Chicago Tribune mencoba resep tersebut secara langsung dan membandingkan ayam goreng yang mereka buat dengan yang dijual di restoran KFC.

Hasilnya, orang-orang yang mencicipi percobaan tersebut setuju bahwa ayam goreng yang terbuat dari bahan-bahan yang bocor tersebut rasanya sama seperti ayam KFC, bahkan lebih enak.

Meski nyaris mirip, para pencicip mengaku masih kalah dengan cita rasa ayam yang dihasilkan dari bumbu dan rempah yang dibocorkan Joe Ledington.

Nah itulah daftar bocoran resep rahasia bumbu dan rempah KFC tahun 2016.

Menonton video “Mitos atau Fakta, Mengonsumsi Kangkung Bisa Bikin Ngantuk
[Gambas:Video 20detik]
(usn/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *