Jakarta

Ayam goreng menjadi salah satu makanan favorit beberapa calon presiden dan wakil presiden. Ada banyak tempat ayam goreng enak yang sering dikunjungi para politisi ini yang bisa Anda kunjungi.

Mulai hari ini, Pemilu 2024 memasuki masa tenang hingga 13 Februari. Masa tenang merupakan masa yang tidak dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan kampanye pemilu. Jadi, tidak boleh ada kegiatan kampanye sebagaimana diatur dalam Pasal 27 Ayat (4) PKPU Nomor 15 Tahun 2023.

Meski di masa tenang tidak ada aktivitas kampanye dari masing-masing pasangan calon, namun beberapa tempat makan favorit calon presiden (capres) dan wakil presiden (wapres) masih menarik untuk dikunjungi dan dijadikan alternatif kuliner yang nikmat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Salah satunya ayam goreng yang menjadi makanan favorit para politisi. Beberapa kali Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto mampir ke beberapa restoran untuk mencicipi masakan ayam goreng di sana.

Berikut lima rekomendasi ayam goreng favorit calon presiden dan wakil presiden yang bisa Anda kunjungi.

1. Ayam Goreng Pak Ali

Catatan!  5 Tempat Ayam Goreng Favorit Calon Presiden dan Wakil PresidenCatatan! 5 Tempat Ayam Goreng Favorit Capres dan Cawapres Foto: Berita Laman

Bagi yang berkunjung ke Solo pasti mengenal legenda kuliner Ayam Goreng Goreng Pak Ali di Pasar Gede. Ayam goreng ini sudah ada sejak tahun 1930an dan masih laris manis hingga saat ini.

Berbeda dengan ayam goreng lainnya, ayam goreng Pak Ali diolah dengan menggunakan bumbu khas asli selama puluhan tahun. Bahkan saking nikmatnya ayam goreng ini menjadi santapan rutin keluarga Presiden Joko Widodo.

Tak hanya itu, calon presiden Anies Baswedan pun turut senang dengan ayam goreng tersebut. Saat berkunjung ke Solo akhir tahun 2022, Anies membeli ayam goreng Pak Ali sebagai oleh-oleh. Seporsi ayam goreng legendaris ini dibanderol mulai Rp 115.000.

2. RM. Nasi Timbel Komarudin

Catatan!  5 Tempat Ayam Goreng Favorit Calon Presiden dan Wakil PresidenCatatan! 5 Tempat Ayam Goreng Favorit Capres dan Cawapres Foto: Berita Laman

Prabowo Subianto dikenal sebagai salah satu calon presiden yang menyukai makanan tradisional. Selera calon presiden ini tidak neko-neko, seperti menu makan siangnya saat mampir ke RM. Nasi Timbel H. Komarudin di Sumurbandung, Bandung Barat.

Restoran sederhana ini terkenal dengan menu lauk pauk Sunda dan sayur mayurnya. Saat berkunjung usai salat Aidiladha tahun lalu, Prabowo memesan nasi timbel dengan lauk ayam goreng kampung, karedok dengan sambal leunca.

Restoran ini terkenal dengan ayam gorengnya yang lezat. Tak hanya disajikan dengan sambal, ayam kampung di sini bisa digoreng atau dijadikan ulam nasi liwet ala Sunda. Kisaran harga makanannya juga murah, mulai dari Rp 25.000 saja.

3. RM Pagi Sore

Catatan!  5 Tempat Ayam Goreng Favorit Calon Presiden dan Wakil PresidenCatatan! 5 Tempat Ayam Goreng Favorit Capres dan Cawapres Foto: Berita Laman

Jauh sebelum mencalonkan diri sebagai presiden, Ganjar Pranowo sudah aktif berbagi rekomendasi masakan favoritnya di YouTube, Instagram, dan Twitter. Di antara menu favoritnya tentu saja ayam goreng yang lezat.

Saat berkunjung ke Sumatera Barat khususnya Kota Padang, Ganjar merekomendasikan restoran Pagi Sore di Jalan Pondok yang cukup legendaris dan sudah berdiri sejak tahun 1947.

Ganjar mengunjungi restoran sederhana ini pada akhir tahun 2020 dan memesan menu ayam goreng Minang yang lezat. Menggunakan potongan ayam kampung, rasa ayam goreng di sini terkenal dengan rasanya yang renyah dan nikmat sehingga tidak cukup hanya dimakan satu potong saja. Kisaran harganya mulai dari Rp 20.000 saja.

Menonton video “Ternyata inilah tantangan terbesar Sisca Soewitomo dalam meniti karir di dunia kuliner.
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *