Jakarta

Kafe tersebut mendapat kritik pedas dari netizen setelah rahasia dapurnya diungkap oleh mantan kokinya. Ia menceritakan kondisi asli dapur kafe ini yang terlihat sangat kotor!

Setiap dapur restoran atau kafe diharapkan tetap terjaga kebersihannya. Sebab, kondisi dapur juga akan menentukan kualitas dan keamanan makanan yang disajikan kepada pengunjung.

Dapur yang bersih saja belum tentu menjamin kualitas makanan. Selain itu, kondisi dapur yang kotor mempunyai peluang lebih besar untuk mengkontaminasi makanan dan akhirnya menjadikannya berbahaya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Oleh karena itu, tidak sedikit pelanggan yang lebih memilih makan di restoran atau kafe yang berkonsep open kitchen. Sebab, mereka bisa melihat secara langsung bagaimana keadaan di dapur, serta bagaimana cara chef menyajikannya.

Kafe dengan dapur yang kotor dapat membuat pelanggan enggan kembali lagi. Seperti situasi dapur di kafe yang sedang viral belakangan ini.

Melalui unggahan di media sosial X, akun @afiq pun membagikan 'screenshot' bukti unggahan viral yang dikirimkan ke grup Facebook lokal. Ia membagikan foto keadaan dapur di sebuah kafe yang terletak di Malaysia.

Akun ini juga menyatakan, “Foto dapur di kafe di Eco Majestic Semenyih sudah viral. Sungguh meresahkan melihat keadaan dapur seperti ini.”

Beberapa foto yang dibagikannya, antara lain masakan Asam Pedas yang berjamur, daging busuk dari lemari es yang rusak, dan beberapa peralatan masak yang berjamur, dilansir straitstimes.com (11/02).

Kafe itu mendapat kecaman setelah mantan kokinya mengungkap rahasia dapur kotornyaBerikut beberapa gambar terkait dapur kotor kafe tersebut. Foto: nst.com.my

Tak hanya itu, kondisi dapur terlihat semakin buruk karena bahan kimia diletakkan di dekat makanan. Hal ini tentu saja meningkatkan risiko kontaminasi silang.

Menurut pemberitaan di unggahan tersebut, kafe ini milik seorang Melayu yang juga suka membuat review makanan. Kafe tersebut dikatakan cantik dan tentunya menarik perhatian pelanggan yang menyukai estetika.

Lokasinya konon di Eco Majestic, Selangor, Malaysia. Dalam unggahan tersebut bahkan disebutkan bahwa nama kafe tersebut memiliki nama Islami.

Pengunggah ini mengaku mendapat informasi terkait keadaan dapur di kafe tersebut melalui orang dalam. Pemilik diberitahu mengenai kondisi dapur dan diminta memperbaiki serta mengoperasikannya sesuai SOP.

Para pekerja di sana juga disebut-sebut berhenti karena tidak bisa menyajikan makanan kotor kepada pelanggan. Menurut dia, laporan kondisi dapur tersebut akan segera diberikan kepada pihak berwajib.

Kafe itu mendapat kecaman setelah mantan kokinya mengungkap rahasia dapur kotornyaBerikut adalah laporan yang ditulis oleh pengguna ini mengenai kafe dengan dapur kotor ini. Foto: nst.com.my

Postingan tentang rahasia dapur kotor restoran ini pun menjadi viral. Restoran tersebut mulai ramai, dibanjiri komentar pedas dan kritik dari netizen karena dapurnya yang kotor.

Namun, tiba-tiba muncul seorang pria yang mengaku sebagai pemilik restoran tersebut dan membela diri. Menurutnya, keributan ini disebabkan oleh mantan koki yang tidak puas dan jahat.

Pemiliknya juga memasang salinan laporan polisi atas tuduhan tersebut. Tegasnya, mantan chef yang diduga berbagi isu ini hanya bekerja di kafenya selama empat hari.

Bertentangan dengan pemberitaan unggahan viral tersebut, pemilik kafe justru mengungkapkan, “Yang disebut 'koki' itu ternyata bekerja di sini. Dia sengaja mengabaikan kebersihan dapur, dan mendesak orang lain untuk menyebarkan berita ini.”

Tindakan ini juga dinilai memperburuk bisnis manajemen.

Berdasarkan konfirmasi NST, Kementerian Kesehatan telah mengambil tindakan terhadap restoran tersebut. Atas dasar itu, kafe tersebut kemudian diperiksa. Kementerian terkait juga mengeluarkan Perintah Penutupan Sementara yang berlaku mulai 9 Februari hingga 22 Februari.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, penutupan sementara ini disebabkan kondisi dapur kafe yang kotor dan dapat menimbulkan risiko kesehatan. Saat ini, pemilik diberi kesempatan untuk memperbaiki masalah kebersihan di dapurnya.

Menonton video “Mencoba berbagai menu di Restografi Wisma Dewa 19 Ahmad Dhani
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *