Jakarta

Penjual keripik singkong keliling di Myanmar ini punya cara unik dalam menawarkan dagangannya. Salah satunya dengan menaruh seluruh keripik singkong di kepalanya.

Myanmar adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Bangladesh dan India. Sama seperti negara-negara lain di Asia Tenggara, pedagang kaki lima banyak ditemukan di Myanmar.

Meski popularitas makanan Myanmar kalah dibandingkan makanan asal Thailand hingga Indonesia, namun salah satu jajanan populer di Myanmar adalah mamaywe. Sejenis keripik singkong renyah yang dibumbui dengan lelehan gula merah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Untuk bisa menemukan mamaywe ini, banyak penjual keliling yang menawarkannya di pinggir jalan. Namun alih-alih menggunakan gerobak atau keranjang, para pedagang mamaywe ini malah menggunakan kepalanya untuk menopang nampan berisi puluhan kilogram keripik singkong.

Seperti yang diunggah penjual mamaywe akun TikTok @tastyfoodtrip1 (12/01).

Penjual Keripik Singkong Myanmar Ini Membalikkan PerdagangannyaPenjual keripik singkong di Myanmar ini menaruh dagangannya di kepala. Foto: TikTok @tastyfoodtrip1

“Wanita jualan jajanan di atas kepala,” bunyi caption akun tersebut. Penjual ini berkeliling wilayah Yangon, Myanmar setiap hari.

Dalam video tersebut terlihat penjual memasukkan keripik ke dalam plastik dengan tangan kosong. Setelah keripik dibungkus dengan plastik, kemudian ditimbang dengan menggunakan timbangan tradisional, keripik tersebut diberikan kepada pembeli.

Dengan menggunakan ikat kepala sederhana, penjual keripik ini mampu mengangkat puluhan kilogram keripik dengan nampan besi di atas kepalanya tanpa ada satupun keripik yang terjatuh.

Meski keripik singkong ini tidak dilapisi apa pun dan terkena udara, namun banyak netizen dari luar Myanmar yang mengomentari kebersihan penjual keripik tersebut. Namun ada juga yang memuji penjual keripik yang tak kenal lelah memikul beban di kepala seharian ini.

“Keripik kena debu jalanan, bawa pakai tangan. Tutup lagi tasnya,” komentar @kul**.

Penjual Keripik Singkong Myanmar Ini Membalikkan PerdagangannyaPenjual keripik singkong di Myanmar ini menaruh dagangannya di kepala. Foto: TikTok @tastyfoodtrip1

“Timbang, kenapa keripiknya tidak ditimbang dan langsung dibungkus? Lebih cepat dan bersih juga,” sambung @mom**.

Ada pula netizen yang menyebut jajanan ini mirip dengan jajanan khas Jawa Tengah bernama balungkuwuk, karena sama-sama terbuat dari singkong dan campuran gula merah.

“Inilah sosok seorang ibu yang berjuang mencari nafkah untuk anak-anaknya. Mungkin sebelum melayani pelanggan pasti sudah cuci tangan,” bela netizen lainnya.

Penjual Keripik Singkong Myanmar Ini Membalikkan PerdagangannyaPenjual keripik singkong di Myanmar ini menaruh dagangannya di kepala. Foto: TikTok @tastyfoodtrip1

Meski mendapat komentar pro dan kontra, video penjual keripik singkong ini sudah ditonton lebih dari 20 juta kali dan disukai lebih dari 780 ribu pengguna di TikTok.

Tak hanya di Myanmar, cara menjual makanan di kepala atau 'nyunggi' juga banyak terjadi di Pulau Jawa dan Madura. Mulai dari penjual sate hingga penjual sayur keliling, masih banyak yang membawa barang di atas kepala.

Menonton video “Ternyata inilah tantangan terbesar Sisca Soewitomo dalam meniti karir di dunia kuliner.
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *