Jakarta

Makanan populer seperti hot dog, burger, dan ayam goreng ternyata punya cerita dan sejarah unik.

Terciptanya suatu makanan tidak lepas dari sejarah dan cerita yang melatarbelakanginya. Banyak penemuan makanan yang memiliki cerita menakutkan, menarik dan tidak terduga.

Banyak makanan populer kini dinikmati di seluruh dunia. Mulai dari hidangan fast food seperti hamburger dan hot dog, lalu ada pancake, hingga ayam goreng. Jangan lupakan sambal atau sambal yang terkenal.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun makanan ini sepertinya punya cerita menarik. Seperti pancake yang rupanya sudah terkenal sejak 30.000 tahun lalu, asal muasal resep sambal yang sedikit seram ini pun muncul, hingga nama hot dog tercipta dari perkataan orang mabuk.

Melaporkan dari Groove Train (12/02), berikut 5 sejarah makanan populer yang menarik sekaligus menakutkan.

1.Panekuk

Burger hingga Hot Dog, Ini 5 Kisah Menarik di Balik Terciptanya Makanan PopulerBurger hingga Hot Dog, Ini 5 Kisah Menarik di Balik Penemuan Makanan Populer Foto: Site News/iStock Illustrations

Setiap makanan populer memiliki penggemar setianya, seperti pancake yang sudah terkenal selama 30.000 tahun. Hal tersebut diungkap oleh para peneliti yang menemukan adanya sisa pancake di dalam perut Otzi The Iceman.

Otzi sendiri merupakan mayat yang diyakini berasal dari 5.300 tahun lalu. Selain itu, di Yunani dan Roma kuno, pancake dibuat dari campuran madu, tepung terigu, minyak zaitun, dicampur dengan susu. Hidangan ini sangat populer, dan menjadi pilihan makanan favorit saat itu.

Selain di Yunani dan Roma, pada masa Renaissance di Inggris, pancake juga menjadi menu sarapan yang populer dan digemari di sana. Pancake biasanya dicampur dengan apel, air mawar, dan bumbu lainnya untuk menambah rasa.

2. Ayam Goreng

Burger hingga Hot Dog, Ini 5 Kisah Menarik di Balik Terciptanya Makanan PopulerBurger hingga Hot Dog, Ini 5 Kisah Menarik di Balik Penemuan Makanan Populer Foto: Site News/iStock Illustrations

Ternyata ayam goreng berbalut tepung dan digoreng hingga garing sudah ada sejak lama. Memiliki akar sejarah yang cukup panjang, resep ayam goreng ini sepertinya berasal dari Skotlandia. Meski banyak orang mengira ayam goreng berasal dari Amerika Selatan.

Menurut catatan sejarah pada tahun 1800-an, masyarakat di Skotlandia lebih suka menggunakan cara memasak ayamnya, yaitu dengan menggorengnya. Saat itu, banyak pendatang asal Skotlandia yang menduduki Amerika Selatan yang membawa resep ayam goreng ke sana.

Tentu saja kepopuleran ayam goreng tidak lepas dari peran orang-orang Afrika yang menjadi budak pada saat itu. Di sana mereka mengubah masakan ayam goreng ini menjadi 'soul food' atau makanan klasik yang populer hingga sekarang.

3. Hamburger

Burger hingga Hot Dog, Ini 5 Kisah Menarik di Balik Terciptanya Makanan PopulerBurger hingga Hot Dog, Ini 5 Kisah Menarik di Balik Penemuan Makanan Populer Foto: Site News/iStock Illustrations

Secara umum, sajian hamburger yang populer di berbagai negara ini pertama kali diciptakan di kota Hamburg, Jerman, pada abad ke 19. Namun, ternyata sejarah tersebut tidak sepenuhnya benar. Saat itu, daging atau patty yang digunakan dalam hamburger menggunakan daging sapi Hamburg yang dicincang dan digiling dengan bumbu dan bumbu lainnya.

Dulu, hidangan ini disajikan tanpa roti, dan dianggap sebagai hidangan mewah, sama seperti steak. Penambahan roti di antara roti baru dimulai ketika Revolusi Industri dimulai. Dimana para pekerja di sana disuguhi steak hamburger dengan gerobak makanan.

Kemudian salah satu pekerja di sana mulai menaruh dua potong roti di antara daging untuk memudahkannya makan sambil bekerja. Ternyata penemuan sederhana inilah yang membuat sajian hamburger muncul dan terkenal hingga saat ini. Bahkan sudah menjadi salah satu makanan favorit dunia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *