Jakarta

Pizza tidak hanya dikenal sebagai makanan tradisional di Italia. Roti pipih yang dihias dengan berbagai bahan ini populer dan dicari di seluruh dunia.

Adonan roti pipih dengan banyak topping berbeda pada awalnya dikenal sebagai makanan tradisional Italia. Pizza memiliki sejarah panjang yang menjadikannya makanan populer hingga saat ini.

Ada banyak sejarah yang menimbulkan perdebatan tentang asal muasal pizza. Kebanyakan orang di dunia percaya bahwa pizza berasal dari Italia, sementara ada juga berbagai sumber yang menyebutkan pizza ditemukan di negara lain.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Menurut sejarawan dari Italia, pada akhir tahun 1700-an sudah ada pembuat pizza yang disebut pizolas. Konon pizola ini berasal dari Naples, Italia.

Pizza Dari Italia Berkembang Menjadi Makanan Populer DuniaPizza dikatakan berasal dari Italia menurut beberapa sejarah yang diyakini secara luas. Foto: Getty Images/iStockphoto/sebasnoo

Lalu ada juga yang mengatakan bahwa pizza berasal dari orang Italia yang kekurangan makanan lalu mengolah sisa persediaan makanannya. Untuk membuat perut lebih kenyang, mereka kemudian menambahkan adonan roti di bagian bawahnya.

Hingga akhirnya pada tahun 1889 dikabarkan bahwa seorang ratu telah datang ke Napoli. Di sana ia disuguhkan pizza khas Neapolitan dengan isian sederhana dan kini dikenal dengan nama pizza Margherita.

Pesatnya perkembangan pizza membuat popularitasnya cepat menyebar ke seluruh dunia. Selain Italia, Amerika Serikat konon memiliki jenis pizza yang berbeda-beda tergantung negara bagiannya.

Mulai dari New York Pizza, Chicago Pizza, dan masih banyak jenis pizza lainnya yang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya Chicago Pizza yang terkenal dengan bentuknya yang seperti mangkuk dalam.

Pizza Dari Italia Berkembang Menjadi Makanan Populer DuniaNamun ada juga yang percaya bahwa pizza elastis itu berasal dari negara lain. Foto: Getty Images/iStockphoto/sebasnoo

Berbeda dengan pizza klasik Italia, Chicago atau pizza deep dish membuat baskom dalam untuk diisi banyak bahan. Pizza Chicago kini juga populer dan disukai banyak pecinta pizza di Indonesia.

Berbagai jenis pizza dapat dengan mudah kita temukan di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Kali ini detikfood akan khusus membahas berbagai jenis pizza populer.

Mulai dari pizza asli Italia yang masih digandrungi pendatang baru hingga kedai pizza baru yang digandrungi generasi Z. Pizza yang lezat dan tempat makan yang nyaman juga cocok dijadikan tempat nongkrong yang direkomendasikan!

Kami juga tidak melewatkan tempat pizza lezat di daerah sekitar Jakarta. Agar kamu tidak ketinggalan informasi menariknya, pastikan kamu selalu membaca detikfood!

Menonton video “Cicipi Pizza Asli Italia yang Dibuat dengan Asam di Resto Asri
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *