Jakarta

Banyak penjual makanan dan minuman di India yang dikritik karena kebersihannya. Termasuk toko roti ini.

India dikenal sebagai negara dengan beragam budaya dan sajian kuliner unik. Hal yang paling menonjol antara lain adalah standar kebersihan pada penjual makanan atau pabrik makanan di India yang masih di bawah rata-rata.

Salah satunya adalah toko roti terkenal di kawasan Kanpur, sebuah kota di Uttar Pradesh, India. Toko roti tersebut baru-baru ini menjadi viral di media sosial dan menuai banyak kritik dari netizen India dan luar negeri.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dilansir NDTV (13/02), semuanya bermula ketika video proses pembuatan roti di pabrik tersebut diunggah di media sosial. Toko roti yang tidak disebutkan namanya ini setiap harinya memproduksi roti segar dan berbagai macam roti yang dijual di warung dan toko.

Toko roti di India ini dikritik karena kotor dan tidak sehatToko roti di India ini dikritik karena kotor dan tidak sehat Foto: Berita Laman

Video dibuka dengan seorang pekerja toko roti yang menuangkan sekarung tepung terigu ke dalam mixer, agar adonan tidak lengket, tepung terigu tersebut dicampur dengan minyak goreng yang banyak sehingga terlihat jelas bahwa roti tersebut banyak mengandung lemak. .

Setelah adonan tercampur rata, adonan ditimbang dan diletakkan di tempat yang kotor dan berjamur sebelum dipanggang dalam oven hingga matang.

Tak sampai disitu saja, setelah rotis matang semuanya langsung ditaruh di wadah yang tidak bersih. Roti juga langsung dipindahkan dengan tangan tanpa menggunakan sarung tangan dan lain sebagainya.

Video diakhiri dengan para pekerja di pabrik yang terus membuat adonan dan memindahkan roti tanpa menggunakan sarung tangan.

Toko roti di India ini dikritik karena kotor dan tidak sehatToko roti di India ini dikritik karena kotor dan tidak sehat Foto: Berita Laman

Tak lama kemudian video ini menjadi viral dan mendapat banyak reaksi dari netizen. Banyak netizen yang merasa muak setelah melihat proses pembuatan roti tidak sebersih yang diharapkan.

Ada juga yang memutuskan untuk berhenti makan roti, untuk menghindari produksi roti dari pabrik yang kotor dan berantakan seperti ini.

“Protokol kesehatan dan kebersihan di toko roti ini tidak dijalankan sama sekali. Mereka meletakkan roti yang baru dipanggang di atas tikar yang sudah diinjak kakinya sendiri,” kritik seorang warganet.

“Bayangkan kalau ada kamera, proses pembuatan roti tetap jorok. Toh kalau tidak ada kamera, mungkin roti ini ditaruh di lantai kotor tanpa ada penutupnya,” sambung netizen lainnya.

Namun ada juga yang menganggap kondisi toko roti tidak ada bedanya dengan pabrik atau dapur makanan di restoran.

“Kalau tahu kondisi dapur di hotel pasti tidak akan makan disana lagi. Karena hampir semua dapur restoran sama,” tulis salah satu warganet.

Sebelumnya banyak beredar video viral yang menyoroti betapa tidak sehatnya para penjual makanan dan makanan di India. Seperti video warung makan di India yang penuh dengan tikus. Warung makan ini menjadi viral setelah banyak tikus yang berkeliaran dan mengambil makanan dari dapur penjualnya.

Menonton video “Ternyata inilah tantangan terbesar Sisca Soewitomo dalam meniti karir di dunia kuliner.
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *