Jakarta

Selain latte biasa, ada juga campuran kopi Breve. Keduanya disebut-sebut memiliki komposisi serupa. Lantas, apa perbedaan kedua kopi susu ini?

Pecinta kopi yang tidak bisa meminum kopi yang pahit dan kental biasanya beralih ke campuran kopi susu yang lebih lembut. Salah satu bahan kopi susu yang paling populer adalah latte.

Cafe latte biasanya dibuat dengan mencampurkan 1 shot espresso, 175 ml – 235 ml susu kukus, dengan sedikit susu berbusa di atasnya. Jenis cup yang digunakan juga biasanya 235 – 354 ml.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Selain latte, ada bahan lain dalam kopi susu bernama Breve. Konon minuman ini memiliki campuran yang hampir sama.

Lantas, apa saja perbedaan dan keistimewaan utama dari kedua kopi susu ini? Berikut penjelasannya seperti dirangkum dari lavelecoffee.com (14/02/22):

1. Mengenal Latte vs Breve

5 Fakta Tentang Latte yang Hanya Dianggap Kopi Palsu di ItaliaKopi latte dan Breve memang memiliki perpaduan yang sama. Foto: Getty Images/philadendron

Latte adalah bahan kopi dari Italia yang ditemukan tak lama setelah espresso. Popularitasnya baru meningkat pada tahun 1950-an, ketika wisatawan di sana merasa espresso terlalu pahit.

Penduduk setempat menambahkan susu hangat untuk membuat espresso lebih enak dan manis. Akhirnya, ramuan kopi latte ditemukan.

Latte pada dasarnya terdiri dari 1/3 espresso dan 2/3 susu kukus. Seringkali busa atau busa ditambahkan di atasnya. Latte juga biasanya diolah dengan tambahan rasa lainnya.

Sedangkan breve merupakan latte versi cappuccino dengan tekstur yang lebih kental. Kopi milky ini berasal dari Amerika, dan juga merupakan kopi berbahan dasar espresso. Namun, gunakan setengah susu kukus dan setengah krim kocok. Hasilnya, kopi memiliki rasa dan tekstur yang lebih halus.

Namun, kadar kopi, susu, dan pemanisnya dapat diubah.

2. Perbedaan bahan Latte vs Breve

Kopi BreveBreve Coffee memiliki blend size dan komposisi seperti ini. Foto: homegrounds.co

Latte dan breve memiliki bahan utama yang sama yaitu espresso dan susu kukus. Biji kopi yang digunakan untuk membuat espresso juga bisa apa saja.

Perbedaannya hanya terletak pada ukuran kedua bahan tersebut dan juga cara pembuatannya. Saat membuat latte, Anda perlu memusatkan susu kukus di tengahnya. Lalu atasnya dengan busa tipis.

Namun untuk breve, busanya disimpan di dalam teko, lalu separuhnya dituangkan ke dalam cangkir kopi. Gunakan sendok untuk mendorong busa keluar dari teko ke dalam campuran breve.

Dengan cara ini, Anda akan melihat setengah susu utuh dan setengah krim kental di tengahnya.

3. Profil rasa latte vs pendek

Latte dan breves mungkin memiliki profil rasa yang sangat mirip, terutama jika keduanya menggunakan biji kopi yang sama. Namun keduanya masih memiliki perbedaan yang signifikan.

Dari segi rasa, latte memiliki rasa kopi espresso yang lebih kuat. Apalagi jika hanya menambahkan sedikit busa di atasnya. Sedangkan bold memiliki aroma lebih banyak karena memadukan krim dan susu.

Dari tingkat keasamannya, latte lebih asam dibandingkan breve yang kurang asam karena lebih banyak menggunakan susu dan busa. Breve biasanya mengandung krim kental selain susu, membuatnya lebih manis daripada latte biasa.

Perbedaan tekstur dan kalori latte vs breve bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *